Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Longsor, Jalan Desa Lamu Berlumpur

Oleh Aslan , dalam Metropolis , pada Sabtu, 26 Agustus 2017 | 01:00 Tag:
  Ilustrasi jalan rusak (foto: google.com)

TILAMUTA Hargo.co.id – Warga Desa Lamu, Tilamuta, Boalemo, makin kesulitan menempuh ruas jalan yang menghubungkan kawasan garis pantai. Ini lantaran kondisi jalan berlumpur akibat longsor dan banyak kubangan.

Salah seorang warga setempat, Eman Kani ditemui di lokasi mengaku kondisi jalan makin memprihatinkan setiap kali hujan turun. Pasalnya longsor kerap terjadi dan membawa lumpur dari bagian atas gunung.
Akibatnya, ruas jalan yang baru saja diaspal itu sulit dilalui kenderaan, utamanya roda dua.

Dia pun terpaksa menempuh ruas dengan jalan kaki. Padahal, kata Eman, banyak masyarakat memanfaatkan ruas jalan menuju lahan pertanian dan turun melaut.

“Ruas jalan ini mengarah ke garis pantai yang sering dimanfaatkan masyarakat nelayan turun mencari ikan. Kalau kondisinya berlumpur, terpaksa masyarakat menempuh jalan kaki. Kenderaannya terpaksa dititipkan di pemukiman penduduk,” ujarnya.

Tak hanya kondisi lumpur, ruas jalan disinyalir dibangun pemerintah provinsi (Pemprov) Gorontalo tersebut sudah mengalami kerusakan parah. “Ruas jalannya sudah banyak yang retak dan berlubang,” bebernya lagi.

Dia bersama masyarakat sekitar mengaku sangat berharap kondisi jalan dapat diperbaiki dan ditingkatkan lagi. Terlebih dari sentuhan pemerintah provinsi mengingat ruas jalan tersebut sangat dibutuhkan warga mendukung akses pertanian dan mengangkut hasil tangkapan ikan.

“Kalaupun belum ada anggaran perbaikan, kami berharap ada pemeliharaan jalan. Paling tidak dikerahkan alat berat membersihkan lumpur dan membuat saluran darurat menghindari luapan akibat longsor,” pintanya.(nrt/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar