Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Longsor, Jalan di Bone Pesisir Sementara Ditutup

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo Headline Metropolis , pada Senin, 3 Agustus 2020 | 01:05 WITA Tag:
  Personel TNI-POLRI bersama masyarakat saat berupaya membantu warga yang akan melintas dengan kendaraan roda dua di Kabila Bone, Bone Bolango. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah di Bone Bolango, mengakibatkan musibah banjir dan tanah longsor yang membuat akses jalur selatan Gorontalo-Sulawesi Utara (Sulut) harus ditutup.

Informasi yang berhasil dihimpun, Ahad (02/08/2020), musibah banjir terjadi di Desa Modelomo, dan menyebabkan puluhan rumah warga terendam. Sementara tanah longsor sendiri terjadi di 15 titik yang ada di Desa Oluhuta dan Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone.

BACA  Hibah Lahan Mulai Dibahas, Bandara Djalaludin Bakal Bertaraf Internasional

Kapolsek Kabila Bone, IPDA Maskur, SIP mengatakan, pasca diguyur hujan, ada puluhan rumah warga yang terendam banjir, sementara tanah longsor sendiri terjadi akibat dari material batu dan tanah yang terbawa air dari perbukitan sehingga menutup akses Jalan Trans Sulawesi.

“Di Desa Modelomo ada ratusan rumah terendam banjir dan ada 40 KK telah diungsikan, sementara untuk tanah longsor sendiri terjadi diakibatkan oleh material tanah dan batu yang terbawa air dari perbukitan, itu menyebabkan badan jalan tertutup hingga tidak dapat dilewati,”ujar IPDA Maskur, SIP usai mendampingi Kapolres Bone Bolango AKBP. Suka Irawanto, SIK, M.Si saat meninjau lokasi tanah longsor.

BACA  Ini Pesan Wakapolda Gorontalo pada HUT ke 72 Polwan

Kapolsek juga menerangkan, dimana banjir juga menyebabkan hancurnya penyanggah pinggir sungai atau brojong di Desa Modelomo, dan akses jalan di Dusun Modelomo juga tidak dapat dilalui karena tertutup material tanah dan batu.

BACA  Wagub : Warga Wajib Beri Data Valid ke Petugas Sensus

Seperti diinformasikan sebelumnya, ada sebanyak 15 titik longsor yang terjadi di Kecamatan Kabila Bone, hingga otoritas setempat harus melakukan penutupan sementara akses jalan trans sulawesi tepatnya di Jalur Selatan Gorontalo-Sulut.

Penutupan akses jalan sendiri dilakukan di Desa Bintalahe atau sekitar PLTU Molotabu. Sementara dikabarkan hingga pukul 18.45 Wita, telah dilakukan pemadaman listrik dan terganggunya jaringan telepon serta internet di Kecamatan Kabila Bone.(zul/hg) 


Komentar