Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mahasiswa KKN Tematik UNG Aktif Sukseskan Vaksinasi di Dulukapa

Oleh Admin Hargo , dalam Edukasi , pada Minggu, 17 Oktober 2021 | 02:05 AM Tag: , , ,
  Mahasiswa KKN Tematik UNG saat melakukan pendampingan kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Tim Vaksinator Puskesmas Dulukapa di Aula Kantor Desa Dulukapa (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Dulukapa, Sumalata Timur, Gorontalo Utara.  

Dalam kegiatannya yang berlangsung pada September-Oktober 2021 itu, mereka aktif ikut membantu program pemerintah dalam melakukan vaksinasi sebagai penanganan dari pandemi Covid-19. Terhitung sudah sebanyak 6 kali setiap ada kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan baik dari pemerintah, Dinas Kesehatan, maupun Puskesmas Dulukapa mahasiswa KKNT selalu turut  mendampingi serta menjadi relawan dalam kegiatan vaksinasi tersebut.

Sebanyak 15 mahasiswa dari berbagai fakultas berperan aktif mulai dari membantu proses pendaftaran, screening sampai tahap observasi/pemantauan setiap anggota masyarakat yang akan divaksin. Mereka juga sangat membantu terwujudnya protokol kesehatan Covid-19.

“Alhamdulillah, kami merasa terbantu dengan adanya adik-adik KKN Tematik UNG 2021. Mereka sudah membantu memfasilitasi kegiatan-kegiatan terkait dengan vaksinasi. Dengan adanya adik-adik mahasiswa capaian persentase di Desa Dulukapa menjadi naik,” kata Kepala Desa Dulukapa, Irwan Moilo

Mahasiswa KKN Tematik UNG lakukan sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi kepada masyarakat Desa Dulukapa di Pasar Tradisional Dulukapa Kamis, (07/10/2021) lalu. (Foto: Istimewa/Moh. Adrian untuk Hargo)
Mahasiswa KKN Tematik UNG lakukan sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi kepada masyarakat Desa Dulukapa di Pasar Tradisional Dulukapa Kamis, (07/10/2021) lalu. (Foto: Istimewa/Moh. Adrian untuk Hargo)

Sementara itu, Ketua Tim Vaksinator Puskesmas Dulukapa, Hartin Laya S.Kep menyampaikan, ada sekitar 11 tenaga kesehatan yang dikerahkan untuk memenuhi setiap gerai vaksinasi di Desa Dulukapa. 

“Melihat banyaknya antusias warga yang mengikuti kegiatan vaksinasi beberapa kali ini. Alhamdulillah, kami sangat merasa terbantu dengan adanya bantuan dari mahasiswa KKN,” katanya.

Berdasarkan update realisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, 14 Oktober 2021, jumlah masyarakat Desa Dulukapa yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 325 orang. Sementara yang sudah mendapat vaksin kedua sebanyak 116 orang dari 812 orang yang menjadi sasaran vaksinasi di Desa Dulukapa. 

Desa Dulukapa menduduki peringkat ke-9 dari 10 desa yang ada di Sumalata Timur. Hal itu dikarenakan belum ada kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi tersebut. 

“Persentase masyarakat yang sudah divaksin baru mencapai 54.31 persen dibandingkan persentase desa Bubalango yang mencapai peringkat tertinggi yakni 103.01 persen,” ungkap Hartin Laya S.Kep.

Dari total 6.163 jiwa yang menjadi sasaran vaksinasi di wilayah Sumalata Timur sudah sebanyak 4.265 jiwa yang sudah divaksinasi dosis pertama dan kedua. Berdasarkan jumlah tersebut, tentu semakin mendorong mahasiswa KKN Temartik Desa Dulukapa untuk selalu berusaha mensosialisasikan serta membantu pemerintah dalam upaya menyadarkan akan pentingnya vaksinasi bagi masyarakat sekitar.

Pada Sabtu, 16 Oktober 2021 kembali dilaksanakan vaksinasi Dosis kedua di Aula Kantor Desa Dulukapa tak lupa mahasiswa KKN turut andil dalam kegiatan tersebut. Dalam kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh tim vaksinator Puskesmas Dulukapa ini antusiasme bukan hanya berasal dari masyarakat desa Dulukapa saja, melainkan banyak dari desa tetangga yang berbondong-bondong untuk melakukan vaksinasi.

“Sudah banyak kali dilaksanakan vaksin di sini. Saya dari awal ada vaksinasi langsung daftar. Ada berita-berita buruk terkait vaksinasi, saya tidak takut. Bahkan saya sekarang mengantar ketiga anak saya bersama ponakan untuk vaksin dosis kedua,” kata Hindun Dunggio, salah seorang warga Desa Dulukapa. (***) 

 

Penulis : Rita Setiawati

(Visited 83 times, 1 visits today)

Komentar