Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mahasiswa UGM Sukses Jalankan Pengolahan Bandeng

Oleh Fajriansyach , dalam Kab. Pohuwato , pada Kamis, 9 Agustus 2018 | 04:00 WITA Tag: , , , ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Selama kurang lebih dua bulan berada di Kecamatan Randangan, Sekretaris Daerah Djoni Nento mewakili Bupati Pohuwato resmi melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Dalam sambutannya Sekda Djoni Nento yang didampingi Sekretaris Baperlitbang Rustam Meleng dan Pembimbing Lapangan KKN UGM DR. Demanto mengatakan, kurun waktu dua bulan di Pohuwato mahasiswa KKN UGM telah banyak melakukan terobosan.

“Sehingga atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih terhadap UGM terutama atas pengbdian Mahasiswa, karena eksistensi adik-adik telah memberikan kontribusi kepada masyarakat yang ada di dua desa yakni Desa Palambane dan Desa Patuhu, dimana kedua desa tersebut memiliki potensi ikan Bandeng dan Mangrove,” ujarnya.

BACA  Nisfu Syaban, Bupati Doakan Masyarakat Pohuwato 

Lebih lanjut Sekda menjelaskan bahwa secara keseluruhan dari wilayah timur sampai barat Pohuwato juga ada tambak bandeng yang tentu perlu dikembangkan pula. Kurang lebih 10 Ha tambak di Pohuwato yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah.

BACA  Temui Dirjen Pangan, Suharsi Kawal Usulan Benih Jagung

“Sekali lagi terima kasih atas pengabdian ini yang telah melakukan penguatan Bumdes, Penanaman Mangrove, Pengolahan Ikan Bandeng yang periode ini telah menghasilkan pengakuan dari MUI dan beroleh sertifikat halal,” tambah Sekda Djoni.

Kedepan pemasaran produk olahan Bandeng ini sudah akan dimulai, sehingga siapapun yang datang ke Pohuwato sudah tahu, dimana di Pohuwato ada makanan khas yakni ikan bandeng.

“Kepada Camat Randangan tolong ini dievaluasi dan Dinas Perikanan tolong ini dipantau terus, yang mereka buat baru percontohan tinggal kita yang akan melanjutkannya supaya bandeng bisa laku besar-besaran yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

BACA  Lengkapi Perpustakaan Pohuwato, Ini Langkah Suharsi Igirisa

Sekretaris Baperlitbang Rustam Meleng menambahkan, hasil olahan atau produk dari Mahasiswa KKN PPM UGM Jogjakarta selama dua bulan di Randangan, telah menghasilkan produk berupa Baso Bandeng, Abon Bandeng dan Bandeng Presto yang sudah mendapat sertifikat kehalalan. (mg01/gp/hg)


Komentar