Mahasiswa UNG Peringati Hari Tani dengan Bagi-bagi Bibit Pohon

Mahasiswa Fakultas Pertanian UNG bagobagi bibit pohon kepada pengguna jalan dalam memperingati Hari Tani Nasional. (Foto Zulkifli Polimengo/Hargo.co.id)

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September, Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (UNG), menggelar aksi damai. Mereka juga bagi-bagi bibit pohon sebagai bentuk penghargaan kepada petani.

Informasi yang berhasil dihimpun, aksi damai ini digelar di kawasan Bundaran Hulondalo Indah (Patung Saronde) dan di depan pintu gerbang kampus UNG, Selasa (24/09/2019).

Aksi unjuk rasa kali ini, berbeda dengan yang di laksanakan pada tahun sebelumnya. Kali ini, selain menyuarakan aspirasinya melalui orasi, ratusan mahasiswa ini, membagi-bagikan bibit tanaman, kepada pengguna jalan yang melintas di lokasi pelaksanaan aksi.

“Aksi bagi-bagi bibit tanaman sendiri, merupakan bentuk pesan damai. Sekaligus sebagai penghargaan terhadap masyarakat petani, yang hingga saat ini telah berjuang untuk ketahanan pangan di Gorontalo,” kata salah seorang orator.

Masih pada aksi yang sama, mahasiswa juga menyuarakan tuntutan, pembatalan pengesahan Rancangan Undang Undang, Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan (RUU SBPB), yang telah disahkan oleh DPR.

“Kami menilai, revisi undang-undang sistem budidaya pertanian berkelanjutan, bertentangan dengan Undang-Undang 1945, dan putusan Mahkamah Konstitusi. Revisi tersebut juga kami nilai dapat mengkriminalisasi masyarakat petani,” tutur Muhajir, salah seorang peserta aksi.

Mahasiswa juga meminta pemerintah, untuk mengkaji kembali revisi UU Pertanahan yang masih rancuh. Karena pada kenyataannya, hingga saat ini petani belum merasakan kesejahteraan.

Usai menyampaikan aspirasinya, ratusan mahasiswa ini kemudian membubarkan diri dengan tertib. Meski berlangsung aman dan lancar, aksi ini mendapatkan pengawalan dari aparat Polres Gorontalo Kota.(zul/hg)