Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mahasiswa UNG Terbitkan Buku Tentang Karawo

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Kamis, 20 Mei 2021 | 10:05 Tag: , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) menerima buku berjudul “Karawo” yang diserahkan oleh penulisnya, Atika Zakaria, di ruang kerja Wagub Kantor Gubernuran Gorontalo, Rabu (19/05/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengapresiasi keberhasilan Atika Zakaria, mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam menulis buku yang mengangkat warisan budaya daerah Gorontalo.

Buku yang diberi judul “˜Karawo” dengan sampul berwarna kuning itu diserahkan langsung oleh Atika kepada Wagub Idris Rahim di ruang kerja Wagub, Kantor Gubernuran Gorontalo, Rabu (19/05/2021).

“Saya bangga, kagum, dan sangat mengapresiasi ada generasi muda yang menulis buku tentang Karawo. Semoga ini menjadi motivasi bagi generasi muda lainnya untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Idris.

Idris berharap buku yang menyajikan informasi tentang sejarah Karawo termasuk cara pembuatannya yang dilengkapi dengan contoh-contoh motif Karawo akan berguna bagi masyarakat. Lebih khusus Wagub berharap hadirnya buku ini akan menjadi sarana pembelajaran bagi generasi muda dalam belajar membuat sulaman Karawo.

Sementara itu Atika mengisahkan awal mula dirinya menulis buku setebal 30 halaman tersebut. Bermodalkan laptop pinjaman dari sepupunya, mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ekonomi UNG itu mulai mengumpulkan bahan tulisan, mengikuti berbagai seminar Karawo, hingga mewawancarai para perajin dan orang tua yang memahami perkembangan Karawo.

“Saya termotivasi agar anak-anak sekolah dan generasi muda memiliki wawasan tentang kerajinan Karawo, kemudian tumbuh rasa memiliki dan mencintai warisan budaya daerah itu, bahkan mampu membuat sulaman Karawo,” tutur Atika. (zul/adv/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar