Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Makan Ini 10 Porsi Sehari Bikin Panjang Umur

Oleh Berita Hargo , dalam Headline , pada Jumat, 24 Februari 2017 | 09:59 Tag: , ,
  

Hargo.co.id– Banyak makan buah dan sayur sudah menjadi tips abadi untuk tubuh sehat. Para peneliti pun mengamininya. Berdasar penelitian, makan sayur dan buah sebanyak 10 porsi perhari bisa bikin panjang umur. Mereka menjelaskan, satu porsi sayur atau buah beratnya sekitar 80 gram atau serupa dengan sebiji pisang kecil atau buah pear.

banner 728x485

Penelitian yang dihelat Imperial College London itu menghitung kebiasaan makan seseorang. Ada 95 penelitian yang berbeda dihelat oleh Imperial College London. Penelitian itu melibatkan dua juta kebiasaan makan.

Hasilnya, dengan pola makan yang benar, sekitar 7,8 juta kematian dini bisa dicegah setiap tahun. Para tim peneliti juga mengidentifikasi buah dan sayur yang mampu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology menunjukkan beberapa hasil. Antara lain, makan 200 gram sayur atau buah menekan risiko penyakit kardiovaskuler sampai 13 persen. Sementara, makan 800 gram sayur dan buah mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler sampai 28 persen.

Selain itu, makan 200 gram sayur atau buah juga menekan risiko penyakit kanker sampai 4 persen. Namun, bila makan 800 gram sayur dan buah mengurangi risiko kanker sampai 13 persen. Bila makan 200 gram sayur atau buah, risiko mati muda turun sampai 15 persen. Tetapi, bila makan 800 gram sayur dan buah risikonya jadi turun 31 persen.

”Buah dan sayur terbukti menurunkan level kolesterol, tekanan darah, serta meningkatkan kesehatan aliran darah serta sistem imun tubuh,” kata Dr Dagfinn Aune, seorang peneliti. ”Mungkin ini karena nutrisi kompleks yang buah dan sayur miliki,” sambungnya. Dicontohkan Aune, buah mengandung banyak antioksidan yang mengurangi kerusakan DNA dan memicu penurunan risiko kanker.

Tetapi bagi sebagian orang, tidak mudah memakan 400 gram sayur dan buah setiap hari. Jumlah 400 gram adalah berat yang disarankan oleh badan kesehatan dunia, WHO.

Sayur atau buah apa yang disarankan? Berikut beberapa contohnya. Untuk mengurangi risiko kanker makanlah sayuran hijau (seperti bayam, Red), sayuran kuning (paprika kuning), dan sayuran bermahkota (kembang kol). Untuk mengurangi risiko sakit jantung, disarankan makan apel, pear, buah-buahan sitrus (seperti jeruk dan lemon), salad, sayuran hijau, dan sayuran bermahkota (kembang kol, lettuce, brokoli). (BBC/tia/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar