Senin, 25 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Makan Semangka Bikin Kulit Lebih Cantik

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Minggu, 10 Mei 2020 Tag: ,
  ILUSTRASI. Sekitar 95 persen semangka terdiri air, yang dipercaya bisa membantu menyehatkan kulit dan membuatnya bersinar dari dalam. (Healthline)


Hargo.co.id, GORONTALO – Semangka adalah buah yang manis dan menyegarkan. Sekitar 95 persen semangka hanyalah air. Rutin konsumsi semangka bisa memberikan bonus pada kecantikan kulit Anda.

Semangka adalah buah yang kaya dengan antioksidan. Semangka yang berasal dari keluarga melon memiliki kulit hijau dan pulp merah yang timbul dengan biji coklat kehitaman.

Menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing House, citrulline, asam amino penting yang ditemukan dalam daging semangka, dapat merangsang produksi oksida nitrat yang mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Semangka sangat rendah kalori. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis, maka cukup mengganti gula dengan memasukkan sepotong semangka.

Mengapa Semangka Baik Untuk Kulit?

Dilansir dari Jawapos.com, Minggu (10/5), sekitar 95 persen semangka hanyalah air, yang membantu menyehatkan kulit dan membuatnya bersinar dari dalam. Semangka penuh dengan antioksidan seperti vitamin C, likopen dan vitamin A, yang membantu melawan aktivitas radikal bebas. Radikal-radikal ini mencoba berpasangan dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada tubuh, yang dapat berdampak pada kulit, kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan.

Vitamin C juga membantu membangun kolagen, yang membantu membuat kulit lebih kenyal dan awet muda. Beberapa resep bisa diikuti selain mengonsumsinya langsung.

1. Salad Buah

Anda dapat memasukkan semangka ke dalam salad. Rasa semangka yang manis berpadu sempurna dengan lainnya.

2. Jus Atau Smoothie

Anda dapat memasukkan semangka dalam jus dan smoothie. Bisa juga dicampur dengan buah lain seperti jeruk atau mangga agar lebih segar.

Efek Samping:

Konsumsi semangka yang berlebihan bisa membuat perut kembung dan gangguan pencernaan. Maka cukuplah mengonsumsi 1 kali sehari dengan porsi yang pas.(nas/mhv/jawapos/hg)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh Jawapos.com dengan judul; “95 Persen Mengandung Air, Makan Semangka Bikin Kulit Lebih Cantik”. Pada edisi Minggu, 10 Mei 2020.
Mantap
Suka
Senang
Kaget
Sedih
Marah

Komentar