Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Makna Jack Sparrow Bagi Johnny Deep

Oleh Aslan , dalam LifeStyle , pada Wednesday, 17 May 2017 | 01:00 AM Tags: ,
  

Kerap Bikin Tertawa, Jadikan Sebagai Karakter Pelarian

Hargo.co.id – Johnny Depp menghadapi banyak masalah menjelang dirilisnya Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (di Asia dan sejumlah negara Eropa judulnya menjadi Salazar’s Revenge). Ancaman kebangkrutan serta gugatan balik dari bekas manajemen finansialnya, TMG, sungguh mengganggu. Masa promosi installment kelima Pirates of the Caribbean (PotC) itu pun digunakannya untuk rehat sejenak dari problem duit tersebut.

Pemeran bajak laut konyol, tapi supersmart Jack Sparrow itu hampir selalu tampak gembira selama world premiere PotC 5 di Shanghai pekan lalu. Dia sangat ramah kepada fans, tertawa di setiap kesempatan, dan bersikap menghibur. Baik ketika red carpet di Disneytown, Kompleks Disneyland Resort Shanghai, maupun saat konferensi pers di The Peninsula Shanghai yang dihadiri Jawa Pos (12/5).

Bintang 53 tahun itu tampak fresh dengan kemeja bergaris yang dilapisi T-shirt hitam. Sekitar selusin aksesori perak menghiasi leher, pergelangan tangan, dan jari jemarinya. Ketika namanya disebut oleh host, dia melambai dan berjalan agak kikuk ke kursi. Sesekali terhuyung, menirukan Jack. ’’Woops,’’ tukasnya ketika kursi yang dia duduki melesak gara-gara cara duduknya yang agak sembarangan.

Depp lalu terlihat berkonsentrasi mendengarkan pertanyaan seorang wartawan Tiongkok. Pertanyaan itu begitu panjang dan Depp manggut-manggut. Setelah wartawan tersebut selesai, Depp mengangkat kepala, lalu berucap polos, ’’Apa tadi pertanyaannya?’’. Tawa audiens di ruangan pun meledak. ’’Hmm, aku sebenarnya kaget dengan sambutan fans di Shanghai. Sangat-sangat tidak siap disambut hangat seperti ini,’’ tuturnya.

Pria yang lekat dengan peran-peran quirky tersebut (lihat saja Edward Scissorhands, Mad Hatter, dan Willy Wonka), mengaku sangat happy bisa kembali ke franchise PotC. Bagi dia, peran Jack Sparrow yang sangat unik adalah pelarian. Dia seperti menjadi diri sendiri ketika sudah mengenakan make-up dan kostum kapten The Black Pearl itu.

’’Saat memainkan Jack, aku mendapatkan rasa aman, excuse, pelarian. Banyak hal yang bisa aku lakukan ketika aku menjadi dia,’’ ungkap Depp. ’’Tahu nggak, aku ini bukan jenis orang yang bisa duduk santai di meja, menghadapi banyak orang, dan mengucapkan pidato serta melakukan toast tanpa gemetar. Aku selalu gugup. Tapi, Jack tidak begitu. Aku suka kebebasannya,’’ jelasnya.

Jack Sparrow memang sangat sering bikin gemas, bahkan buat kru kapalnya sendiri, termasuk Joshamee Gibbs yang paling setia. Depp menyebut Sparrow sebagai orang paling cuek sedunia yang abai terhadap segala macam tanggung jawab. Berbeda dengan bajak laut lain yang membajak demi menumpuk kekayaan, Jack hanya ingin bersenang-senang (yang mana itu lebih menyebalkan).

’’Dia (Jack, Red) itu karakter yang sangat fun. Dia adalah bagian diriku dan bagian dari kita semua yang kadang-kadang kita berharap bisa seperti itu. Aku suka sifat irreverence dia,’’ kata Depp, lalu tersenyum misterius yang membuatnya makin mirip Jack. ’’Dia selalu move on, tidak pernah belajar, dan tidak pernah memikirkan apa pun secara serius,’’ lanjutnya santai.

Berkali-kali Depp menyebut kata irreverence yang maknanya adalah tidak mempunyai respek sedikitpun kepada orang atau hal-hal yang seharusnya dihormati. ’’Rasanya, ya, kadang-kadang aku kepengin jadi seperti dia. Tapi kurasa, kita semua ingin jadi seperti dia,’’ ucapnya.

Yang lebih penting, lanjut aktor favorit Tim Burton itu, dalam setiap seri, dia selalu bisa mengembangkan karakter Jack sehingga tetap dicintai. ’’Aku selalu nge-push karakter ini untuk menemukan kelucuan dalam segala absurditasnya,’’ kata Depp. Lalu, dengan suara agak berbisik, dia berkata jenaka, ’’Jangan pecat aku dulu, Disney,’’. Lagi-lagi ucapannya disambut tawa audiens.

Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge bakal tayang serentak pada 26 Mei. Berdasar pengalaman sebelumnya, penonton Indonesia kemungkinan sudah bisa menikmatinya pada Rabu (24/5). Disney membidik pemasukan sedikitnya sama dengan film keempat, On Stranger Tides, yang melampaui USD 1 miliar. (hg/na/c20)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar