Jumat, 7 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Malam Tahun Baru, Ada Deklarasi Pengumpulan Dana untuk Masjid Raya Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 29 Desember 2016 | 08:18 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Pengumpulan dana pembangunan masjid raya Gorontalo yang dimotori empat politisi muda Deprov Gorontalo rupanya tidak hanya berhenti pada launching Gerakan Membangun (GeMa) masjid raya pada Selasa (26/12).

Bakal ada aksi susulan untuk menjadikan gerakan penghimpunan dana berjalan masif. Yaitu deklarasi koin untuk masjid raya yang direncanakan berlangsung Sabtu (31/12) atau saat malam perpisahan tahun.

Hal itu disampaikan salah satu penggagas GeMa masjid raya Chamdi Mayang kepada Gorontalo Post tadi malam (27/12).

Politisi muda Demokrat yang duduk di Deprov Gorontalo itu mengatakan, launching GeMa masjid raya yang dilakukan pada selasa malam sesungguhnya menjadi titik awal untuk gerakan pengumpulan dana untuk pembangunan masjid raya.

Pihaknya menyadari untuk bisa menjadikan gerakan itu berjalan masif maka semua entitas masyarakat harus ikut terlibat didalamnya.

“Kalau hanya kami berempat yang bergerak pasti pengumpulan dana ini tidak akan berjalan maksimal. Sementara anggaran untuk membangun masjid raya sangat besar,” jelasnya.

Olehnya deklarasi pengumpulan koin untuk masjid raya yang akan diselenggarakan saat malam perpisahan tahun baru, diharapkan akan mentransformasi GeMa masjid raya menjadi gerakan bersama dari semua elemen.

Baik pemerintah daerah, DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan perwakilan masyarakat lain.

“Makanya kami akan berupaya agar deklarasi koin untuk masjid raya nanti dilakukan langsung oleh Plt Gubernur serta semua kepala daerah di kabupaten-kota. Sehingga pengumpulan dana ini akan menjadi sebuah gerakan masif,” tandasnya.

Soal tempat pelaksanaan deklarasi Chamdi mengatakan sejauh ini ada beberapa pilihan tempat. Yaitu bundaran Hulondhalo Indah (HI), lapangan Taruna Remaja serta perlimaan Telaga.

“Masih kita bahas. Ini masih akan kami diskusikan mana yang kira-kira tepat. Yang pasti deklarasi ini pasti jadi,” jamin Chamdi Mayang.

Apa yang akan dilakukan setelah deklarasi ? Menurut Chamdi, pihaknya akan segera bekerja untuk membentuk satuan-satuan pengumpulan dana dimasing-masing daerah. Makanya keterlibatan kabupaten-kota sangat diperlukan dalam gerakan ini.

“Tapi kita akan mulai dari instansi pemerintah. Kita akan galang dana di kantor pemerintah baik provinsi dan kabupaten-kota termasuk DPRD. Selanjutnya kita akan masuk ke simpul-simpul yang ada di masyarakat,” jelasnya.

“Kami yakin ini akan mendapat respon masyarakat. Makanya ini harus diawali darii pejabat baik di pemda dan DPRD untuk memotivasi masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya empat politisi muda masing-masing Chamdi Mayang, Rusliyanto Monoarfa, Sunaryo Dulanimo dan Hendra Nurdin telah menggagas pengumpulan dana untuk pembangunan masjid raya dengan aksi yang disebut Gerakan Membangun (GeMa) masjid raya.

Itu dilakukan merespons keinginan Plt Gubernur Zudan Arif Fakrullah untuk membangun masjid raya di Gorontalo. (rmb/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar