Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mandi di Bak Penampungan PAM, Bocah 9 Tahun Tewas Tersedot Pipa

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Selasa, 13 Desember 2016 | 09:50 Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id  – Di kala sebagian besar warga merayakan liburan panjang dan bersiap menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Warga Desa Didingga, Kecamatan Biau, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mendadak dibuat gempar, Sabtu (10/12).

Hal itu setelah insiden yang dialami Reski Dihu, bocah usia 9 tahun saat sedang mandi di bak penampungan PAM di Desa Didingga, Biau. Informasi yang dihimpun Gorontalo Post menyebutkan, insiden itu bermula sekira pukul 13.30 WITA.

Saat itu Reski Dihu (9) bersama 5 rekannya sedang mandi di bak air penampungan PAM. Bak itu sendiri baru dibangun dengan anggaran kurang lebih Rp 1 M yang bersumber dari APBN 2016.

Awalnya, anak kedua dari tiga bersaudara, pasangan keluarga Raden Dihu dan Lian Potale asyik bermain air di bak kedua yang berukuran kurang lebih 1×1,5 M meter.

Agar lebih nyaman bermain dengan air yang banyak, Reski diduga mencoba menyumbat air bak tersebut dengan cara merayap di dasar bak tepat disudut pipa.

Ada pula informasi Reski mencoba menutup lubang dengan papan tripleks. Karena air sangat deras, akhirnya Reski tersedot air hingga sebagian tubuhnya masuk ke dalam pipa yang berukuran 250 cm atau pipa 15 inch.

Selang beberapa saat, rekan-rekan mencoba menarik bagian kakinya untuk diselamatkan, namun tak berhasil. Rekan-rekannya yang lain kemudian memanggil para warga yang berada tak jauh dari lokasi bak. Warga pun berbondong-bondong mendatangi lokasi kejadian. Pipa tersebut kemudian dibongkar.

Warga selanjutnya berinisiatif membelah pipa menggunakan mesin pemotong untuk mengeluarkan Reski, namun nyawa bocah yang duduk dibangku kelas 4 SD itu tak lagi tertolong.

Kepala Desa Didingga, Sarcito Potale ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Sore harinya, langsung dilakukan pemakaman oleh pihak keluarga.

Di bagian lain Polres Gorontalo melalui Polsek Tolinggula masih melakukan penyelidikan terkait tewasnya Reski Dihu.

“Saat ini peristiwa tersebut dalam penyelidikan oleh jajaran Polsek Tolinggula. Meski dugaan kuat ini merupakan kecelakaan murni, namun kami masih tetap melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tandas Kapolres AKBP Purwanto.(idm/tr-53/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar