Kamis, 18 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Manggung di Jerman, Grup Band Kasidah Nasida Ria Gaungkan Perdamaian

Oleh Admin Hargo , dalam Musik & Film , pada Selasa, 21 Juni 2022 | 18:35 Tag: , , , , ,
  Grup Qasidah Asal Semarang Nasida Ria Tampil di Jerman. (Instagram.com/nasidariasemarang)

Hargo.co.id, JERMAN – Grup band kasidah asal Semarang Nasida Ria mendapat kesempatan manggung di Jerman. Mereka tampil di pentas seni internasional Documenta Fifteen di Friedrichsplatz, Kassel, Jerman, pada Sabtu (18/6).

Dalam perhelatan akbar yang digelar lima tahun sekali itu, Nasida Ria didapuk sebagai band pembuka.

Zuhad Mahdi, road manager Nasida Ria, menuturkan bahwa timnya sudah bertolak dari tanah air sejak Kamis (16/6). Mereka berhasil unjuk gigi di sana berkat Ruang Rupa yang didapuk menjadi art director event tersebut.

Sembilan lagu didendangkan Nasida Ria di hadapan para undangan. Ada Kota Santri, Dunia dalam Berita, Bom Nuklir, hingga Perdamaian. Walaupun di Jerman genre musik yang dianut Nasida Ria tidak terdengar familier, warga lokal sangat mengapresiasinya.

Respons positif pun berhasil membuat para personel puas sekaligus bahagia. Bahkan, menurut dia, tidak sedikit di antara mereka yang ikut bergoyang mengikuti alunan musik.

’’Bagus banget euforianya. Mereka terlihat sangat menikmati musik yang kami bawakan. Ikut bergoyang juga,’’ jelas Zuhad kepada Jawa Pos tadi malam (20/6).

Meski itu bukan kali pertama Nasida Ria tampil di negeri orang, pihaknya tetap merancang segala kesiapannya dengan matang. Zuhad menyebutkan, Nasida Ria memulai latihan sejak Maret.

’’Kurang lebih tuh persiapannya tiga bulan. Mulai dokumen, latihan perform, hingga kesehatan,’’ kata Zuhad.

Ya, itu merupakan kali ketiga Nasida Ria manggung di Jerman. Mereka juga pernah singgah ke negeri jiran untuk menghibur masyarakat Malaysia dan Hongkong.

Lebih dari itu, tim manajemen sigap menyiapkan segala kebutuhan para personel. Misalnya, keperluan obat-obatan dan vitamin mengingat cuaca di Indonesia dan Jerman yang berbeda. Apalagi, usia para personel Nasida Ria yang tidak lagi muda.

Selain itu, ada makanan khas Indonesia untuk memanjakan lidah anggota Nasida Ria.

’’Kami bawa sambal dan makanan Indonesia yang lain biar mengobati rasa kangen mereka,’’ ujar Zuhad.

Saat ini Nasida Ria dan tim masih berada di Jerman. Rencananya, mereka kembali pulang ke tanah air pada 25 Juni mendatang. Potongan video Nasida Ria tampil mengenakan busana muslim membawakan lagu-lagu kasidah dengan modifikasi modern di acara tersebut viral di media sosial. Selain Nasida Ria, Oom Leo Berkaraoke ikut tampil di acara tersebut.(JawaPos.com)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Nasida Ria Gaungkan Perdamaian di Jerman“. Pada edisi Selasa, 21 Juni 2022.
(Visited 41 times, 1 visits today)

Komentar