Senin, 23 Maret 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Maret, RSAS Buka Poli Jantung

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Sabtu, 7 Januari 2017 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Direktur Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Andang Ilato menargetkan akan segera memiliki poliklinik jantung pada Maret 2017 mendatang, dan langsung dioperasikan pada saat itu juga.

Sebelumnya, menurut data yang diperoleh dari RSAS bahwa jumlah pasien jantung koroner di provinsi Gorontalo setiap bulan mencapai 50 orang. Sebagian besar, penderitanya dirujuk ke Makassar, terutama mereka penderita jantung koroner akut.

“Jika pasien harus dirujuk keluar daerah membutuhkan biaya yang sangat besar, terlebih lagi biaya penghidupan keluarga yang turut mendampingi pasien,” kata Andang.

Hal itulah yang melatarbelakangi RSAS membuka poliklinik jantung. Dengan demikian, biaya pengeluaran lainnya bisa ditekan.

Sementara untuk sumber daya manusianya, Andang mengaku memiliki dua dokter yang ahli pada penderita jantung. Satu dokter masih sementara studi di Makasar untuk mempelajari kateterisasi jantung dan akan selesai pada Februari 2017.

Untuk biaya pembangunan poliklinik jantung, mendapat dana dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp 2,4 Miliar. Sementara untuk peralatannya, pihaknya sudah bekerjasama dengan investor.

Selain itu, pada 2017 ini kapasitas ruang inap di RSAS akan segera bertambah sebanyak 100 unit. Karena dengan kapasitas kamar tidur yang berjumlah 350 unit dinilai tidak mencukupi.

Terlebih jika ada kejadian luar biasa (KLB) yang bisa membludak jumlah pasien. Karena kelebihan kapasitas, terpaksa rumah sakit merawat pasien di bagian koridor.

“Kami mendapat kucuran anggaran sebanyak Rp 86 Miliar, pekerjaannya akan dimulai bulan maret. Diharapkan tahun 2018 ruangan itu sudah bisa dimanfaatkan,” tutupnya. (tr-53/hargo)