Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Masalah Pertanian Muncul Setiap Musim Tanam

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Kamis, 6 Mei 2021 | 22:05 PM Tag: ,
  Anggota DPRD Gorut, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Para aktivis muda atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Gorontalo Utara (Gorut) terutama generasi muda yang memiliki latar belakang pertanian dan lainnya untuk dapat membantu pemerintah daerah terutama dalam memberikan solusi dan juga mengidentifikasi persoalan pertanian yang terjadi di Gorontalo Utara.

Ini diungkapkan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte yang mana menurutnya setiap musim tanam tiba, pasti persoalan yang dikeluhkan oleh para petani yakni persoalan pupuk dan juga bibit. 

“Dan persoalan ini juga yang disampaikan pada saat para wakil rakyat turun melaksanakan reses,” ungkap Matran Lasunte.

Sebagai daerah yang sementara berkembang, tentu ada SDM yang tersedia terutama para pemuda yang memiliki SDM dibidang pertanian atau para sarjana pertanian termasuk para aktivis yang ada di daerah ini. 

“Bagaimana para generasi muda atau SDM muda yang ada di Gorontalo Utara ini, dapat mengidentifikasi persoalan yang selalu muncul ketika musim tanam tiba,” kata Matran Lasunte.

Mayoritas yang diaspirasikan soal keluhan para petani terkait dengan kelangkaan pupuk dan juga harganya yang variatif. 

“Yang mengherankan justru persoalan dan keluhan yang datang ini dari pupuk bersubsidi, sementara pupuk tidak bersubsidi tidak ada masalah dan tersedia,” tegasnya.

Apa sebenarnya persoalan mendasar sehingga pupuk bersubsidi selalu bermasalah. Tidak hanya itu kata Matran, pemerintah daerah juga harus berperan aktif terkait persoalan ini dengan mendorong agar pupuk non subsidi juga harus dimanfaatkan dengan memberikan sosialisasi terkait pemanfaatan dan hasil yang didapatkan dari pemanfaatan pupuk bersubsidi. 

“Harus ada sosialisasi terutama terhadap hasil produksi yang diperoleh dari pemanfaatan pupuk subsidi,” tandas Matran Lasunte. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar