Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Masker Bekas Jangan Dibuang Disembarang Tempat

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 5 Oktober 2020 | 10:05 WITA Tag: , ,
  Membuang masker bekas ke tempat sampah salah satu cara menghindari penyebaran Covid-19.(Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Banyaknya masker bedah yang berserakan di jalanan menyedot perhatian Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole.

Menurutnya, membuang masker di sembarang tempat dapat memicu penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Itu bahaya. Kalau yang gunakan itu tertular Covid-19 kemudian di ambil anak-anak untuk mereka gunakan kembali, mereka bisa tertular. Saya harap masyarakat, khususnya orang dewasa jangan buang masker di sembarang tempat,” kata Misranda, Ahad (4/10/2020).

BACA  Pemprov Gorontalo Terus Kampanyekan Penggunaan Masker di Ruang Publik

Misranda menjelaskan, masker tidak boleh digunakan bergantian. Masker juga tidak bisa digunakan berkali-kali. Setiap masker punya daya tahan masing-masing.

“Masker kain tidak bisa bertahan selama satu hari. Maksimal dia empat jam. Masker kain tidak seefektif masker N95. Tapi masker kain efektif menangkal Corona daripada tidak sama sekali menggunakan masker,” ucap Misranda.

Misranda Nalole juga mengimbau warga untuk menggunakan masker dengan baik. Penggunaan masker secara baik dan benar menurut Misranda menjadi upaya perorangan yang akan berdampak juga pada orang banyak. Komitmen bersama ini diharapkan mampu menekan jumlah pasien positif corona yang terus bertambah.

BACA  Ini Tips Mencegah Covid-19 Versi Dosen UMGo

“Bagi masyarakat yang sering menyentuh bagian depan masker dan menariknya ke bawah dagu saya harap tidak lagi melakukannya,” imbau Misranda.

Terakhir, Misranda Nalole mengimbau warga untuk tetap menggunakan masker. Imbauan ini dilakukan mengingat semakin tingginya angka positif di Provinsi Gorontalo.

BACA  Gubernur Setujui Menaikkan Insentif Fungsional PBJ

“Justru di tengah kasus yg setiap hari bertambah, khususnya di Gorontalo wajib hukumnya protokol kesehatan yang ketat. Dengan memakai masker yang benar kita sudah memutus rantai penularan Covid-19. Dan jangan lupa rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” tutup Misranda.(HARGO)

#IngatPesanIbu

Memakai Masker

Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan

Mencuci Tangan dengan Sabun


Komentar