Minggu, 6 Desember 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Masker yang Beredar Hanya Menghalangi Debu

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 2 November 2020 | 23:05 WITA Tag: ,
  Kepala Tata Usaha Puskesmas Kota Utara, Moh. Iskandar Camaru


Hargo.co.id, GORONTALO – Hingga saat ini, banyak masyarakat yang menggunakan masker namun tak sesuai standar. Artinya, masker yang digunakan hanya mampu menghalangi debu, bukan menghalangi virus.

Ini diungkapkan Kepala Tata Usaha Puskesmas Kota Utara, Moh. Iskandar Camaru saat dimintai keterangannya soal protocol kesehatan. Menurutnya, penggunaan masker kain itu tidak efektif.

“Masker punya standar tersendiri. Penggunaan masker kain hanya bisa mencegah debu, tapi untuk mencegah bakteri virus bahan kain sebenarnya tidak efektif karena terdapat rongga yang agak besar,” kata Moh. Iskandar Camaru.

BACA  Terkait Protokol Kesehatan, Doni Monardo Ingatkan Seluruh Kepala Daerah

Lanjut katanya, bakteri dari virus itu sangat kecil. Bahkan lebih kecil dari debu, sehingga penggunaan Masker Medis sangat di sarankan kepada masyarakat.

“Untuk masker medis itu, bahannya padat sehingga bakteri dapat dicegah. Jadi sebaiknya masyarakat menggunakan masker medis yang memang sudah ada izin dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes),” tambahnya.

Moh. Iskandar Camaru juga menjelaskan penggunaan Hand Sanitizer itu harus mengandung minimal 60 persen alkohol. Kurang dari itu sebenarnya bisa mendorong pertumbuhan bakteri.

“Hand sanitizer itu sebenarnya digunakan dalam keadaan darurat dengan menggunakan 60 persen alcohol. Namun perlu diingat, gel atau cairan hand sanitizer tidak bisa menggantikan cuci tangan dengan sabun saat kotoran di tangan membandel,” jelasnya.

BACA  Salurkan Bantuan, Setiap Hari BRI Tibawa Hanya Layani 50 Nasabah

Sementara untuk mencuci tangan dalam penjelasan Moh. Iskandar Camaru, bahwa harus mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal 20 detik.

“Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan apabila kita ingin melakukan aktivitas apapun. hindari juga menyentuh bagian tubuh seperti wajah dan lain-lain sebelum mencuci tangan,” ujarnya.

Pada intinya, kata Moh. Iskandar Camaru, seluruh masyarakat harus selalu menjaga imun, daya tahan tubuh dan mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari Virus Covid-19.

BACA  Polsek Tilongkabila Rutin Gelar Operasi Yustisi

Moh. Iskandar Camaru juga mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan hal ini, meskipun pada dasarnya masyarakat percaya bahwa gejala yang timbul dari virus ini hanyalah flu biasa.

“Kurang kepercayaan masyarakat karena efeknya sama dengan flu. Namun, bahaya dari virus ini jika terkena pada orang yang rentan jadi hal ini yang harus kita jaga,” katanya. (***)

 

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar