Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Masuk Tahap Finalisasi, Pansus I Target Paripurna Ranperda Pekan Depan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Sabtu, 14 November 2020 | 12:05 WITA Tag: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte


Hargo.co.id, GORONTALO – Progres Pansus I DPRD Gorontalo Utara (Gorut) dalam membahas Ranperda kini tengah masuk pada tahap finalisasi. Untuk itu, Pansus I menargetkan pekan depan Ranperda tersebut sudah diparipurnakan.

Ini diungkapkan Ketua Pansus I, Matran Lasunte saat ditemui di ruang kerjanya, yang mana menurutnya saat ini tengah masuk pada pembahasan bersama dengan kelompok pakar.

“Pembahasan bersama kelompok pakar tersebut dilakukan sebelum tahapan finalisasi terhadap Ranperda yang menjadi tanggungjawab pembahasan kami yang ada di Pansus I,” ungkapnya.

BACA  Program Penghijauan Harusnya Diprioritaskan

Terkait dengan berbagai referensi yang selama ini menjadi perburuan dari Pansus I, baik itu ke daerah yang memiliki regulasi serupa dan juga dengan instansi teknis lainnya, kata Matran Lasunte, itu juga telah dirampungkan dan dikolaborasikan. Ini dalam rangka memaksimalkan Ranperda yang tengah dibahas.

“Tentu referensi yang diperoleh dari hasil study komparasi, maupun hasil konsultasi itu tetap sangat menunjang kami yang ada di Pansus I dalam rangka memaksimalkan pembahasan atas Ranperda tersebut,” tegasnya.

BACA  Tetap Jalankan 3M di Tempat Wisata

Pastinya, kata Matran Lasunte, setiap Ranperda yang menjadi usulan dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) itu telah melalui kajian dan penting keberadaan dari regulasi tersebut baik itu dalam rangka memaksimalkan tata kelola pemerintahan maupun terkait dengan hal lainnya.

“Seperti untuk Ranperda yang dibahas oleh Pansus 1 tersebut terkait dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang memang selama ini nilainya masih sedikit dan begitu juga dengan iklim investasi daerah,” jelas Matran Lasunte.

BACA  Infrastruktur Memadai, Rusli Habibie Ajak Berinvestasi di Gorontalo

Maka untuk memaksimalkannya maka perlu ada regulasi yang mengatur soal hal tersebut kata Matran. Dan untuk Ranperda tersebut setelah finalisasi pada pekan depan, diharapkan untuk dapat segera diketuk.

“Dan harapannya tentu usai diketuk harus segera diikuti dengan tahapan lanjutannya baik itu Peraturan Bupati (Perbup) maupun implementasi di lapangan,” pungkasnya. (abk/adv/hg)


Komentar