Senin, 30 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Masyarakat Garda Terdepan Menghambat Penyebaran Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Sabtu, 31 Oktober 2020 | 06:05 WITA Tag: , , ,
  Dosen UNG, Lia Amelia saat menjadi narasumber pada Podcast Lantai4 yang disiarkan lewat youtube Hargo Channel. (Foto Istimewa/Tangkapan Layar)


Hargo.co.id, GORONTALO – Dosen Epidemiologi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Lia Amelia menegaskan bahwa masyarakat merupakan garda terdepan menghambat penyebaran Covid-19. Makanya, yang dibutuhkan adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga diri agar terlindung dari virus ini.

Penegasan Lia Amelia disampaikan saat menjadi narasumber pada Podcast Lantai4 yang disiarkan melalui youtube Hargo Channel. Menurutnya, tumbuhnya kesadaran masyarakat menjadi amat penting untuk menjaga diri agar terlindung dari Covid-19.

BACA  Upacara HUT ke 75 Korps Brimob Digelar Secara Virtual

“Karena bisa saja Covid-19 yang membludak awal Maret 2020, sekarang di Oktober ini, virusnya tidak lagi sama. Makanya, yang menjadi garda terdepan untuk menghambat penyebaran Covid-19 adalah masyarakat itu sendiri,” tegas Lia Amelia sembari menambahkan bahwa masyarakat harus menjaga diri dan tetap konsisten dengan melawan Covid-19.

BACA  Wagub Gorontalo Minta Informasi Daerah Dapat Porsi Lebih

Hanya saja, menurut Lia Amelia, jika melihat situasi sekarang, sebagian besar masyarakat Gorontalo ini sudah mulai cuek terhadap Covid-19. Misalnya, di tempat keramaian, anak-anak kecil sudah berani diajak ke luar. Ironisnya lagi, orang tua memakai masker, tapi anaknya yang bahkan balita tidak memakai masker.

“Padahal, anak-anak merupakan populasi yang berisiko terkena Covid-19. Ini sangat ironis,” tegasnya lagi.

BACA  Penerapan Protokol Kesehatan di Wilayah Kabila Bone

Perlu dijelaskan, epidemiologi bukan hal yang baru dibicarakan. Hanya namanya mencuat ketika disandingkan dengan Covid-19. Epidemiologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang distribusi, frekuensi dan determinan masalah kesehatan.

“Sekali lagi saya tegaskan, tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun,” kuncinya. (ind/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar