Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Matahari Masih Kontestan Pilwako, KPU-RI Bolehkan Kampanye

Oleh Aslan , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 5 Maret 2018 | 10:06 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – KPU Kota Gorontalo boleh saja mengeluarkan keputusan pembatalan pasangan Marten Taha-Ryan Kono sebagai calon wali kota-wakil wali kota Gorontalo. Melalui, surat keputusan KPU Kota Gorontalo nomor 15/HK.03.1.3-Kpt/757/1/KPU-Kot/II/2018 pada 27 Februari lalu.

Tapi, KPU-RI punya penafsiran tersendiri terhadap keputusan KPU Kota Gorontalo itu. Putusan yang diambil dalam rangka menindaklanjuti putusan Panwaslu Kota Gorontalo nomor 01/PS/PW/KOTA/29.01/II/2018 tertanggal 26 Februari itu, dianggap belum memiliki kekutan hukum tetap.

KPU-RI menilai, putusan KPU nomor 10/HK.03.1.3-Kpt/7571/KPU-Kot/II/2018 tentang penetapan pasangan Matahari sebagai calon wali kota-wakil wali kota masih berlaku. Atau dengan kata lain, pasangan Matahari masih diakui sebagai kontestan Pilwako.

Penjelasan KPU-RI itu telah dilayangkan secara tertulis kepada KPU Provinsi Gorontalo. Pada 2 Maret lalu, KPU-RI telah melayangkan surat dengan nomor 237/PL.03.2-SD/06/KPU/III/2018 yang ditandatangani langsung oleh Ketua KPU RI Arif Budiman.

BACA  Bahas GBHN dan PPHN, Pemprov Gorontalo Berdiskusi dengan Wakil Ketua MPR RI

Surat yang bersifat sangat segera itu, diterbitkan menindaklanjuti surat yang dilayangkan oleh KPU Provinsi Gorontalo tertanggal 28 Februari perihal laporan hasil sengketa pemilihan tahun 2018 di Provinsi Gorontalo.

Ada tiga poin penjelasan yang dituangkan dalam surat itu. Tapi, dalam poin ketiga, KPU RI membeberkan argumentasinya soal eksistensi pasangan Matahari di Pilwako Gorontalo.

Pada poin itu dipaparkan bahwa, keputusan pembatalan pasangan Matahari belum berkekuatan hukum tetap (Inkracht). Mengingat pasangan calon Matahari masih mengajukan upaya hakim banding ke PT TUN. Karena masih berstatus sebagai kontestan, KPU -RI membolehkan pasangan Matahari untuk melakukan kampanye.

Diwawancarai terkait hal ini, Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba mengaku sudah mengantongi surat dari KPU-RI tersebut. Hanya, pihaknya masih perlu untuk berkonsultasi dengan KPU Provinsi Gorontalo. “Suratnya sudah ada, hanya kami masih akan melakukan konsultasi dengan KPU Provinsi Gorontalo untuk keputusan resminya besok (Hari ini,red),” tegas La Aba, S.Pd M.Pd saat dikonfirmasi Gorontalo Post, minggu (4/3) kemarin.

BACA  Bahas Pajak Rokok Daerah, Idris Rahim Hadiri Dialog Publik dengan Kemenkes

Setelah melakukan konsultasi, hasilnya akan disampaikan oleh KPU Kota Gorontalo kepada semua pihak. Termasuk kepada pihak Kepolisian sebagai pemegang ijin pelaksanaan kampanye bagi paslon wali kota dan wakil wali kota Gorontalo.

Terpisah, Sekretaris Tim Pemenangan Matahari, Totok Bachtiar, mengaku gembira dan sangat bersyukur dengan keputusan KPU-RI tersebut. Oleh karena itu, pasangan Matahari akan segera berkampanye. Sesuai zonasi kampanye yang telah dikeluarkan oleh KPU , wilayah kampanye pasangan Matahari pada Senin (5/3) di Zona II. Yaitu wilayah Kota Utara dan Sipatana. “Besok (hari ini-red) kita akan kampanye,” ucap Toto Bachtiar.

Diterangkan Totok, dalam kampanye diologis hari ini yang dijadwalkan di kelurahan Wongkaditi Barat, Kecamatan Kota Utara, pasangan MATAHARI akan menerangkan duduk persoalan gugatan hukum yang kini dihadapi. “Kita ingin mengedukasi masyarakat Kota Gorontalo.

BACA  Siaga Bencana, Polda Gorontalo Gelar Apel Gabungan

Sebab sejauh ini, rumor yang dibuat pasangan lain bahwa kita sudah tidak bisa mengikuti lagi tahapan sampai dengan pencoblosan nanti. Tetapi inilah yang akan kita jelaskan ke masyarakat, status dan persoalan yang kami hadapi. Insyaallah, hal itu akan dijelaskan langsung oleh bapak Marten Taha,” tutur mantan anggota DPRD Provinsi Gorontalo itu.

Totok optimis pasangan MATAHARI akan tetap bertarung di Pilwako hingga pencoblosan 27 Juni nanti. “Kami yakin bahwa kami akan selalu hadir untuk masyarakat. Pak Marten dan Ryan memiliki niat yang tulus untuk mengabdi. Ketulusan inilah yang membuat kami kuat pasangan MATAHARI akan terus lanjut hingga memenangkan pertarungan nanti,” tandas Totok.(tr-45/ndi/hg)


Komentar