Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mau Dapat Subsidi Kuota Gratis untuk Siswa, Berikut Caranya

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Edukasi Kabar Nusantara , pada Jumat, 28 Agustus 2020 | 22:05 WITA Tag: ,
  ILUSTRASI. Semua siswa akan mendapatkan subdisidi kuota gratis selama empat bulan ke depan, yang rencananya dimulai dari awal September. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)


Hargo.co.id, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan bahwa semua siswa akan mendapatkan bantuan kuota gratis selama empat bulan ke depan. Rencananya, pembagian subsidi kuota akan dilakukan pada awal September 2020.

Dilansir dari JawaPos.com, Untuk pemberian bantuannya seperti apa, Direktur Jenderal (Dirjen) PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Jumeri pun menjelaskan tata caranya. Nantinya setiap siswa akan mendapatkan kuota gratis 35GB.

Sekolah akan bertugas untuk mendaftarkan nomor ponsel peserta didik. Setelah itu, satuan pendidikan dapat memasukkan data tersebut ke dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

BACA  MA Diskon 22 Koruptor Lewat PK, Begini Respons KPK

“Cara pemberiannya gimana, ini peserta didik yang punya nomer hp ini di daftar oleh sekolah, ini sekolah-sekolah sudah punya datanya kan tinggal memasukkan, setiap wali kelas itu punya grup WA, lewat itu di data di masukkan ke Dapodik lewat aplikasi Dapodik,” ungkapnya dalam Bincang Sore Kemendikbud secara virtual, Jumat (28/8).

Nomor ponsel juga harus dicantumkan sesuai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) peserta didik. Setelahnya, kepala sekolah pun harus mengisi akta pakta integritas.

BACA  6 dari 77 Orang yang Hilang Secara Misterius di Hutan Agam Ditemukan

“Nomornya dicantumkan seusai NISN siswa nomer hp-nya berapa, itu kepala sekolahnya menandatangani akta pakta integritas bahwa data itu benar adanya dan lalu tandatangan itu di upload ke Dapodik,” ujarnya.

Kemudian, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud akan menyaring nomor-nomor tersebut sesuai dengan provider masing-masing untuk diisi paket kuota data. Bagi yang baru memiliki nomor ponsel juga tetap dapat di data oleh sekolah.

“Itu kita batasi awal September selesai. Nomer baru juga boleh dimasukkan untuk diberi pulsa kuota. Bagi yang belum tercantum pada tahap pertama ini bisa punya peluang untuk masuk ke tahap berikutnya. Kalau daftar tapi nomornya mati (diblokir) itu boleh diganti nomernya. Tidak usah khawatir, tidak ada yang kita tinggal,” ungkapnya. (nas/sz/jawapos/hg)

BACA  Ada Perbedaan Frasa dalam UU Ciptaker yang Terkait AMDAL

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Berikut Cara Dapatkan Subsidi Kuota Gratis untuk Siswa“. Pada edisi Jumat, 28 Agustus 2020.

Komentar