Sabtu, 27 Februari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mau Pakai PSK Tanpa Kondom? Siap-Siap Saja Didenda Ratusan Juta

Oleh Fajriansyach , dalam Kabar Dunia , pada Senin, 26 September 2016 | 14:26 WITA Tag: , ,
  


Regulasi baru itu pun diharapkan akan melindungi para pekerja seks. Utamanya perlindungan ari eksploitasi dan tindak kekerasan.

“Akhirnya ada perlindungan bagi para perempuan dan pria yang terkait prostitusi,” kata
Elke Ferner komisi di parlemen yang membidangi urusan perempuan dan keluarga.

Namun, rencana pemberlakuan UU batu itu justru mendapat kritik dari beberapa kelompok. Pasalnya, aturan itu hanya menambah birokrasi dan sia-sia saja karena malah menimbulkan ketidakpercayaan para PSK terhadap pihak berwenang.

BACA  Kabur dari RS Karena Takut Disuntik, Pasien Covid-19 Dihukum 4 Bulan Penjara

Organisasi pelacur Jerman, BesD dan Amnesty International bahkan menyebut undang-undang itu tidak melindungi para PSK. “Syarat-syarat pendaftarannya diskriminatif, melanggar aturan perlindungan kerahasiaan data dan berisiko pada pemaksaan terhadap para PSK agar hengkang,” kata Fabienne Freymadl selaku pimpinan BesD.

BACA  11 Jet Tempur China Menari di Langit Pratas, Taiwan Siaga Penuh

“Ini justru memaksa para perempuan dan pria menjadi pekerja seks ilegal, di mana mereka terikat pada risiko tinggi dan pelanggaran hak asasi manusia,” tambahnya.

Pada 2002, Jerman sudah memberlakukan UU yang melegalisasi PSK. Para PSK pun diwajibkan membayar pajak dan mengantongi kontrak kerja  sebagaimana pegawai biasa.

BACA  Koruptor Terbesar China Tewas Diberondong Regu Eksekutor

Namun, aturan itu malah memicu bertambahnya jumlah rumah bordil liar, sehingga memantik pembuatan aturan yang lebih ketat. Di beberapa negara bagian di Jerman seperti Bavaria dan Saarland sudah memberlakukan aturan yang mewajibkan kondom.(independent/ara/jpnn)

Laman: 1 2


Komentar