Minggu, 5 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Medi Botutihe, Tokoh Lingkungan yang Disiplin dan Humoris

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 19 September 2016 | 20:49 PM Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Duka tentu saja masih menyelimuti seluruh masyarakat Gorontalo.

Salah satu tokoh pembangun terbaik Gorontalo, Medi Botutihe Walikota Gorontalo yang juga Walikota dua periode menghadap ilahi, Minggu (18/9), tepatnya lima hari setelah merayakan ulang tahunnya yang ke- 75.

Medi bukan hanya sosok pemimpin yang disiplin, tetapi juga merupakan pemimpin yang sangat mencintai lingkungan.

Tak heran jika banyak aktivis lingkungan yang menyebut dia sebagai tokoh lingkungan hidup. Di bawah kepemimpinan Medi, Gorontalo Kota Hijau menggema di mana-mana.

Saat itu, sekitar tahun 2002, bersama AW Talib yang saat itu menjadi Sekda Kota Gorontalo Medi bersama isteri tercinta, Hadijah Soeratinojo mengajak seluruh Ketua Tim Penggerak PKK se Kota Gorontalo untuk melakukan studi banding ke sejumlah kabupaten/kota di Pulau Bali dan Jawa terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup.

Saat itu, seluruh masyarakat Kota Gorontalo terlibat penuh dalam menjaga lingkungan serta menanam pohon dalam gerakan kota hijau.

Bunga tatudi menjadi icon gerakan kota hijau saat itu. Pada kepemimpinan Medi, Kota Gorontalo empat kali meraih piala adipura.

Memang hasil dari gerakan kota hijau tidak langsung dirasakan saat itu, tetapi manfaat pohon-pohon pelindung dirasakan warga disaat Medi sudah tidak lagi menjabat sebagai walikota.

Itu hanya salah satu program Medi yang sukses. Masih ada karya Medi yang lainnya di antaranya merenovasi Masjid Baiturahim Kota Gorontalo tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Melalui gerakan Jumat Rp 1000, masjid yang menelan biaya miliaran rupiah tersebut kini berdiri megah. Saat itu ayah dari lima anak ini getol menemui para tokoh Gorontalo di antaranya BJ Habibie dan Rahmat Gobel.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar