Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mediasi Peminjaman Helikopter, Gubernur Apresiasi Kapolda Gorontalo

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Senin, 21 Desember 2020 | 08:05 WITA
  Helikopter Polda Sulut mendarat di Gorontalo, Minggu, (20/12/2020). Heli diperbantukan untuk mencari dua nelayan asal Pohuwato yang hilang pada Jumat kemarin. (Foto: Istimewa).


Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengucapkan terima kasih dan apriasiasi kepada Kapolda Gorontalo Irjenpol Achmad Wiyagus yang sudah memediasi peminjaman helikopter dari Polda Sulut. Heli yang dipiloti Kompol Prasetyo Wibowo dan co pilot Iptu Andreas tiba di Gorontalo, Minggu (20/12/2020) untuk melakukan pencarian dua nelayan Gorontalo yang hilang di perairan Wonggarasi, Jumat kemarin.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Kapolda Gorontalo yang sudah memediasi peminjaman helikopter untuk proses pencarian nelayan kami yang hilang. Terima kasih juga buat pak Kapolda Sulut, Basarnas dan semua yang terlibat dalam pencarian,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Minggu.

BACA  Agung Sugiarto: Pelatihan Jurnalistik Dan Fotografi Penting di Era Digital 4.0

Dijelaskan Rusli, proses pencarian melalui jalur laut saat ini kurang memungkinkan disebabkan cuaca buruk. Ombak di sekitar lokasi cukup tinggi dengan ketinggian 3-4 meter. Ia berharap pencarian melalui jalur udara lebih cepat untuk menemukan para korban.

BACA  Sekdaprov Gorontalo Apresiasi Kinerja OPD yang Lampaui Target

“Tentu saja bantuan heli ini sangat berharga untuk membantu mencari dan mengevakuasi melalui jalur udara. Apalagi mereka sudah dua hari hilang, semakin lama akan semakin sulit ditemukan dalam kondisi selamat. Semoga pencarian melalui jalur udara bisa membuahkan hasil,” imbuhnya.

Proses pencarian saat ini masih terus dilakukan oleh pihak Basarnas, Diri Polair serta BPBD provinsi dan kabupaten/kota. Empat nelayan yang dinyatakan hilang yakni Roni Karim, Wawan Harun, Ismail Hulopi dan Sarton Hulopi.

BACA  Menurut Wagub Gorontalo, Perlu Tindakan Represif Guna Cegah Pungli

Dua dari empat nelayan yakni Roni Karim dan Wawan Harun sudah berhasil dievakuasi oleh tim melalui jalur laut. Pada Minggu sekitar pukul 04.00 WITA cuaca di perairan Wonggarasi membaik yang memudahkan tim untuk melakukan evakuasi. (zul/adv/hargo)


Komentar