ramadan2024

ramadan2024

Meikarta, Jakarta Baru Buatan Lippo

×

Meikarta, Jakarta Baru Buatan Lippo

Sebarkan artikel ini
James Riady. Foto: jpnn

Hargo.co.id - Lippo Group bakal membangun kota baru senilai Rp 278 triliun. Kota anyar berlabel Meikarta itu, diklaim menyamai kota Shenzhen China. Lebih dari itu, menyulap diri sebagai Jakarta baru dengan infrastruktur terlengkap se-Asia Tenggara.

hari kesaktian pancasila

Meikarta akan dibangun diantara Jakarta dan Bandung. Terintegrasi dengan Bekasi-Cikarang, sebagai kawasan industri terpenting. Dalam tempo 10 tahun, Meikarta akan menjadi pusat perekonomian terbesar di Indonesia.

”Menjadi area paling pesat karena terhubung dengan pusat perekonomian,” tutur CEO Grup Lippo, James Riady, di Jakarta, Kamis (4/5).

Example 300250

Meikarta, akan terhubung dengan Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100, Delta Mas, dan lainnya. Selanjutnya, Meikarta akan dikelilingi pusat industri dari perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional raksasa, macam Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Toshiba, Samsung, Panasonic, dan lainnya.

Dari sisi kelengkapan infrastruktur, sejumlah infrastruktur penting tengah dibangun pemerintah dipastikan terhubung ke Meikarta. Misalnya, kereta cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung senilai Rp 65 triliun, Pelabuhan Patimban sebesar Rp 40 triliun, dan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway sejumlah Rp16 triliun.

Selanjutnya, akan dibangun pula Bandar Udara Internasional Kertajati bernilai Rp 23 triliun dan kereta api jenis Monorail menyatukan tujuh kota di sekitar Meikarta. Nah, dengan sejumlah infrastruktur transportasi itu, Meikarta telah diperkaya beragam solusi mengurai kemacetan, kepadatan, dan tekanan sosial.

hari kesaktian pancasila

Untuk fasilitas, Lippo menjanjikan akan membangun 7 mall dengan total luasan 500 ribu meter persegi, rumah sakit dan pusat kesehatan internasional, pusat keuangan internasional, 5 hotel internasional bintang lima, perpusatakaan nasional, Opera Theatre dan pusat kesenian serta gedunh pertemuan berskala internasional.

Selain itu, Lippo juga bakal menghadirkan fasilitas pendidikan berupa 10 Sekolah Dasar (SD), lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) bertaraf internasional dan nasional plus serta tiga Perguruan Tinggi skala nasional.

Tak hanya fasilitas umum, Lippo juga akan membangun fasilitas inovasi di berbagai sektor, mulai dari infrastruktur dan transportasi, hub teknologi dan riset, hub bisnis dan komersial, lingkungan hidup berkelanjutan, hingga bidang seni, budaya, dan pendidikan.

Lippo mengklaim, saat ini telah dibangun sebanyak 400 ribu perumahan dengan daya tampung mencapai 2 juta penghuni. juga sudah mulai dibangun secara langsung 200 gedung berlantai 35-46 lantai. Di mana, 50 gedung siap huni mulai Desember 2018 mendatang. Adapun pembangunan itu telah dilakukan sejak 2014 lalu, dengan melibatkan 85 ribu pekerja. Lippo akan mulai merilis dan membuka penawaran untuk 3-5 ribu unit rumah pekan depan dengan penawaran khusus di Maxx Box, Orange Country, Lippo Cikarang. ”Nanti kami akan launching. Anda bisa lihat harga yang kami ditawarkan,” tukas James. (hg/far)



hari kesaktian pancasila