Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Melawan Kepunahan – Bahasa Daerah Makin Berkurang

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Senin, 31 Juli 2017 | 18:37 Tag: , ,
  

hargo.co.id – Indonesia menduduki peringkat kedua dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia. FYI, berdasarkan data Kemendikbud, Indonesia punya 646 bahasa daerah. Sayangnya, angka itu terus menurun karena makin sedikitnya penutur bahasa daerah.

Bahasa daerah yang dikenal dengan bahasa ibu tersebut telah ada 52 bahasa yang terancam punah. Bahkan 12 bahasa diantaranya udah dinyatakan punah oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud lho Zetizen.

Hm, salah satu faktor yang memengaruhi hilangnya bahasa daerah adalah urbanisasi dan perkawinan antaretnis.
Sebab, banyaknya perkawinan berbeda etnis yang memiliki bahasa daerah yang berbeda pula membuat kedua pihak akhirnya jarang menggunakan bahasa daerah dari daerah masing-masing dan tidak menurunkan ke anak cucu.

Waduh, sayang banget ya Zetizen. Ngomong-ngomong siapa nih Zetizen yang orangtuanya berasal dari etnis yang berbeda? terus Zetizen bisa nggak berbicara dengan bahasa daerah dari ayah dan bahasa daerah dari ibu? atau hanya bisa salah satunya saja? nggak papa, yang penting jangan sampai nggak bisa dan nggak tau sama sekali ya. Karena bahasa daerah itu penting untuk di pelajari dan dikuasai, sebab bahasa daerah adalah identitas yang harus terus kita jaga.

So, jangan sampai bahasa daerah dari tempat Zetizen berasal punah ya. Buat yang bisa bahasa daerah, dipertahankan terus ya. Dan buat yang belum bisa, Zetizen masih punya waktu kok untuk belajar. (rzk/c25/zet/ZT-08/hargo)

Anisa
SMPN 1 Limboto

Penting Untuk Dilestarika 

Bahasa daerah itu sangat penting. Karena itu merupakan ciri khas pada setiap daerah. Dan sebagai pemuda, kita wajib untuk terus menjaganya. Ini sangat perlu karena jika tidak, Indonesia akan kehilangan julukannya sebagai negeri seribu bahasa. Ingat! Bahasa adalah media penyalur budaya. Sehingga sangat penting untuk dilestarikan. (ZT-06)

Ansar Tario Jusuf
Bahasa Inggris (UNG)

Melambangkan Keaslian Etnik

Bahasa daerah adalah bahasa asli dari nenek moyang kita dan itu patut dilestarikan. Tentunya jika tradisi turun-temurun bahasa daerah mati, tandanya kita tidak menghargai lagi jasa mereka yang telah senantiasa melestarikannya. Bahasa juga melambangkan keaslian etnik daerah kita. (ZT-06)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar