Thursday, 16 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Memaksimalkan Fungsi Pengawasan, Komisi II Segera Evaluasi Mitra Kerja

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Monday, 13 September 2021 | 06:05 AM Tags: , ,
  Anggota DPRD Gorut, Gustam Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail menegaskan, bahwa Komisi II segera evaluasi mitra kerja. Tujuannya untuk memaksimalkan fungsi pengawasan dengan pelaksanaan program pembangunan daerah yang saat ini sementara dilaksanakan.

Menurut Gustam Ismail, bahwa evaluasi yang rencana dilakukan oleh pihaknya tersebut tidak terlepas dari kepentingan daerah sendiri. 

“Pasalnya dengan kondisi cuaca yang ada saat ini tentu sangat berpengaruh pada pelaksanaan pembangunan apalagi untuk pembangunan fisik,” kata Gustam Ismail.

Selain berpengaruh pada pelaksanaan pembangunan fisik, tentu dalam setiap pelaksanaan program pembangunan, ada batasan waktu yang ditentukan sebagai patokan atau acuan dalam pelaksanaan pekerjaan itu sendiri. 

“Limit waktu yang telah ditentukan dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut harus tercapai,” jelasnya.

Yang dipertanyakan saat ini, apakah dengan kondisi yang hampir setiap hari turun hujan seperti saat ini tidak berpengaruh pada pelaksanaan fisik dalam pekerjaan tersebut? Apakah pekerjaan fisik seperti pengecoran dan lain sebagainya dapat dilaksanakan dalam kondisi hujan seperti saat ini?

Terhadap beberapa pertanyaan tersebut tentu sangat penting untuk mendapatkan jawaban. Terhadap perkembangan pekerjaan yang ada di lapangan tentu harus diketahui oleh pihaknya bukan sebagai bentuk campur tangan atau semacam intervensi lembaga kepada pihak pelaksana. 

“Dalam hal ini sebagai fungsi pengawasan tentu harus dilakukan evaluasi agar kami juga mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan tersebut dilaksanakan, berapa persen capaiannya dan waktu yang tersisa berapa lama,” terangnya.

Terhadap sisa waktu dan juga kondisi alam yang terjadi saat ini, apakah pihak dinas yang memiliki program dan pihak ketiga selaku penyelenggara apakah memiliki rencana atau planning lainnya dalam rangka pencapaian terhadap target. 

“Mengingat juga ada pekerjaan yang dilakukan yang sumber anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sehingga terhadap pencapaian hasilnya akan mempengaruhi penilaian terhadap daerah terutama terhadap kemampuan daerah dalam mengelola anggaran yang diberikan,” tegasnya.

Dan untuk itu, pihaknya di Komisi 2 kata Gustam akan melakukan evaluasi tersebut untuk kepentingan daerah kedepannya terutama dalam memperoleh bantuan anggaran dari pemerintah pusat, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan harus jelas terutama terhadap penyelesaiannya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar