Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Memprihatinkan, Apa Kabar Jembatan Darurat Lahumbo 

Oleh Fajriansyach , dalam Metropolis , pada Jumat, 28 September 2018 | 11:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Masih ingat dengan jembatan yang ambruk akibat longsor di Desa Lahumbo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, akhir tahun 2017 lalu? Sekarang kondisinya makin parah dan memprihatinkan. Padahal, jembatan ini merupakan jalur trans Sulawesi.

Ironisnya, jembatan ini kini tinggal menggunakan penyangga serba sederhana berupa balok. Dari pantauan Gorontalo Post, kemarin, Kamis (27/9), arus lalu lintas di jembatan ini sering tersendat akibat kondisi jembatan. Bagaimana tidak, setiap kali pengguna jalan melintas, terutama kendaraan roda empat, mereka khawatir jika suatu saat jembatan darurat itu amblas.

BACA  Akibat Arus Pendek, Satu Unit Rumah di Pohuwato Jadi Arang

Melki (33) seorang pengendara mobil mengaku untuk melewati jembatan itu harus mempersiapkan mental, terlebih ketika banyak kenaraan yang lewat.

“Takutnya kayu-kayu tersebut tidak bisa menahan beban yang terlalu berat. Apalagi pas lewat ada bunyi-bunyi seperti mau retak. Pokoknya mengerikan,” ujar ASN Pohuwato yang serombongan bersama keluarganya ini.

BACA  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Petinggi Jamaah Islamiyah di Lebak

Hal senada juga diungkapkan Yance, pengendara mobil truk. Menurutnya, dia cukup was-was meliwati jembatan ini karena kondisinya hampir tidak memungkinkan untuk kendaraan bermuatan besar.

“Siapa yang tidak khawatir. Dari dulu katanya mau diperbaiki tapi cuma janji-janji, sampai sekarang somo habis tahun belum juga diperbaiki,” katanya.

BACA  Disuplai dari Ternate, Pemasok Merkuri ke Gorontalo Diciduk

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto mengatakan jika pihaknya akan segera memperbaiki kondisi jembatan tersebut.

“Insya Allah tahun ini jembatan itu akan kami perbaiki. Beserta seluruh jalan dan jembatan yang rusak di jalan Trans Sulawesi,” ujar Handoyo saat dikonfirmasi belum lama ini.(tr58/gp/hg)


Komentar