Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menang Aklamasi,Pedro Ditarget Rebut Ketua DPRD

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Monday, 30 October 2017 | 22:42 PM Tags: , ,
  

GORONTALO, hargo.co.id – Setelah memenangkan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Partai Golkar Bone Bolango (Bonbol) secara aklamasi, tugas berat menanti Zainudin Pedro Bau. Betapa tidak, pada Pemilu 2019 mendatang, Zainuddin Pedro Bau diberi target agar dapat merebut Ketua DPRD Bonbol.

Pernyataan ini disampaikan Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie sesaat setelah membuka Musdalub Golkar Bonbol, Ahad (29/10) di RM Miranti Indah Bonbol. Rusli Habibie mengeluarkan pernyataan tersebut saat Gorontalo Post mempertanyakan target yang akan diberikan, terlepas dari siapa yang bakal terpilih pada Musdalub tersebut.

“Target bagi ketua terpilih nanti yakni merebut kembali kursi Ketua DPRD Bonbol pada Pemilu 2019 mendatang. Alasannya, Partai Golkar pernah berjaya di Bone Bolango, makanya tak ada alasan untuk tidak merebut,” tegas Rusli Habibie.

Perlu disampaikan bahwa Partai Golkar di wilayah Bonbol pernah menjadi pemenang pada Pemilu 2004 lalu dengan torehan delapan kursi di DPRD. Hasil itu juga mengantar Antonie Kariem (kader Golkar) duduk sebagai ketua DPRD Bonbol.

Hanya saja, pada Pemilu 2009, Partai Golkar hanya bereda di posisi ketiga setelah PDK dan PKNU, namun masih mendapat jatah kursi pimpinan DPRD.

Hasil Pemilu 2014, sedikit mengalami peningkatan yakni bereda pada posisi kedua setelah PPP. Adanya tren peningkatan perolehan suara pada Pemilu terakhir, tak luput dari analisa Rusli Habibie sehingga member target yakni rebut ketua DPRD Bonbol melalui Pemilu 2019.

“Bukan hanya Bonbol, daerah lain juga harus merebut dan mempertahankan yang sudah menjadi milik Golkar. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni Golkar Bonbol harus bekerja sama dengan pemerintah dalam hal member dukungan terhadap program yang berpihak ke rakyat. Namun jika tidak berpihak ke rakyat, Partai Golkar wajib mengoreksi, bukan mencari-cari kesalahan pemerintah,” tegas Rusli Habibie.

Meskipun memberi target yang cukup tinggi, Rusli Habibie mengingatkan kepada pengurus Partai Golkar Bonbol untuk berhati-hati karena lawannya nanti cukup berat.

Apalagi kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah pimpinan Parpol yang berbeda. Bupati Bonbol, Hamim Pou adalah Ketua DPW NasDem Provinsi Gorontalo dan Wakil Bupati Bonbol, Kilat Wartabone adalah Ketua DPD PAN setempat.

Pada Musdalub semalam, Zainudin Pedro Bau berhasil merebut simpati 22 pemilik suara dan mengantarnya sebagai pemenang secara aklamasi. Menariknya lagi, selain menginginkan Zainudin Pedro Bau sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Bonbol, para pemilik suara dalam pemandangannya menginginkan Idah Syahidah sebagai salah satu Caleg Partai Golkar ke DPR RI dari Dapil Gorontalo mendampingi Roem Kono.

Dihubungi secara terpisah, Zainudin Pedro Bau menjelaskan bahwa amanah Musdalub yakni Pemilu legislatif 2019 mendatang, Partai Golkar target delapan kursi. Sedangkan untuk DPR RI, menawarkan tiga figur-figur yang memiliki elektabilitas yakni Roem Kono, David Bobihoe dan Idah Syahidah.

“Amanah berikutnya, terkait konsolidasi internal dengan fokus tiga program yakni sukses konsolidasi, organisasi dan sukses Pilkada, Pemilu legislative dan Pilpres,” ujar Zainudin Pedro Bau.

Disinggung kekuatan politik yang bakal dihadapi nanti, Zainudin Pedro Bau akui sudah terbiasa dengan kekuatan politik di Bonbol.

“Buat kami bukanlah sebuah ancaman. Namun ini merupakan dinamika politik. Dengan modal optimis, kami siap merebut kembali kejayaan Partai Golkar. Alalsannya, sudah memiliki infrastruktur partai yang lengkap sampai di desa,” pungkas Zainudin Pedro Bau.

Musdalub itu juga menetapkan Sofyan ‘Tommy’ Wahidji sebagai Sekretaris DPD II Golkar Bonbol. Hadirnya Sofyan ‘Tommy’ Wahidji pada posisi itu nampaknya merupakan rekomendasi Fraksi Partai Golkar Bonbol, mengingat yang bersangkutan kini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD. (jdm/csr/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar