Sabtu, 16 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menang Besar Atas Meksiko, Swedia Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Sportivo , pada Kamis, 28 Juni 2018 | 00:52 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id – Swedia berhasil melanjutkan langkahnya ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Hal ini mereka raih usai mengalahkan Meksiko di Stadion Ekaterinburg Arena, Rabu (27/6) malam WIB.

Swedia sebenarnya punya peluang untuk memimpin saat laga berjalan setengah jam. Saat itu bola terlihat mengenai tangan Javier ‘Chicharito’ Hernandez yang ada di daerah kotak terlarang. Namun sayangnya wasit tidak memberi hukuman penalti untuk Meksiko. Meski sempat melihat tayangan ulang, sang pengadil tetap bertahan pada keputusannya.

Dalam data ball possesion di babak pertama, Swedia tertinggal dengan catatan 66 persen banding 34 persen. Tapi semua itu berubah ketika laga memasuki paruh kedua.

BACA  Libur Panjang Kerap Picu Kenaikan Kasus Covid-19

Di menit ke-50, Swedia membuka keunggulan berkat gol Ludwig Augustinsson. Berawal dari Sebastian Larsson, bola kemudian diberikan ke Viktor Claesson. Tanpa membuang waktu, Claesson langsung mengirim umpan crossing yang disambut baik dengan kaki Augustinsson.

Bola sempat mengenai tangan kiper Meksiko, Francisco Guillermo Ochoa. Namun si kulit bundar gagal diblokir sehingga skor berubah jadi 1-0. Tak lama berselang, Swedia berhasil menambah keunggulannya. Kali ini Meksiko dijauhi dewi keberuntungan karena wasit menghukum mereka dengan tendangan penalti.

Hukuman itu diberikan setelah Hector Moreno melakukan pelanggaran terhadap Marcus Berg di area kotak terlarang. Andreas Granqvist yang dipercaya sebagai eksekutor, sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Swedia unggul 2-0.

BACA  Pleno Hasil Pilkada Kabupaten Gorontalo, Rustam-Dicky Minta PSU

Dalam keadaan tertinggal, Meksiko sulit mengembangkan permainannya. Situasi ini bisa dimanfaatkan oleh Swedia untuk terus menekan demi menambah kedudukannya. Misi tersebut membuahkan hasil manis di menit 74. Lewat skema gol bunuh diri Edson Alvarez, Swedia memperlebar jarak jadi 3-0.

Skor tersebut bertahan hingga bubaran. Dengan kemenangan ini Swedia lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup F. Mereka memiliki enam poin, setara dengan Meksiko yang finis sebagai runner up.

Kedua negara tersebut meninggalkan Jerman dan Korea selatan yang tersingkir lebih awal dari Piala Dunia 2018. Namun bagi Korea, mereka masih pantas membanggakan diri sebab di laga terakhir mampu kalahkan Jerman dua gol tanpa balas. Untuk Jerman sendiri, ini menjadi hasil yang memalukan. Sebab Der Panzer merupakan juara di Piala Dunia empat tahun lalu.

BACA  Presiden Reshuffle Kabinet, Ada Nama Sandiaga Uno

Susunan pemain
Meksiko (4-2-3-1): Ochoa; Alvarez, Salcedo, Moreno, Gallardo (Fabian 65′); Guardado (Jesus Corona 76′), Herrera; Lozano, Layun (Peralta 89′), Vela; Hernandez.

Swedia (4-4-2): Olsen; Augustinsson, Lustig, Lindelof, Granqvist; Claesson, Ekdal (Hiljemark 80′), Larsson (Svensson 57′), Forsberg; Toivonen, Berg (Thelin 68′).

(bep/JPC)


Komentar