Selasa, 6 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mendagri Ajak Mahasiswa Bantu Cegah Penyebaran Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 28 Oktober 2020 | 21:05 WITA Tag: ,
  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian


Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam waktu dekat ini, mahasiswa sudah mulai turun lapangan sebagai bentuk pengabdian. Baik itu di daerah lain, maupun di Gorontalo sendiri.

Ada banyak mahasiswa yang nantinya akan turun ke masyarakat, khususnya ke desa-desa. Itu lantas memantik komentar dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang mana mengajak para mahasiswa untuk berperan aktif dalam program pencegahan penyebaran Covid-19.

“Terutama yang nanti turun ke desa-desa (kuliah kerja nyata) bisa membantu masyarakat, paling tidak sosialisasi bagaimana pencegahan Covid-19,” kata Tito di Jakarta, Rabu (28/10/2020) seperti yang dilansit jpnn.com.

BACA  Gorontalo Ketambahan Peralatan Bencana Alam Dari BNPB

Menurutnya, mahasiswa relatif didengar oleh publik atau masyarakat, sehingga upaya pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi lebih efisien.

Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, kenapa itu perlu karena suara adik-adik sebagai kelompok terpelajar relatif didengar oleh publik, oleh masyarakat,” katanya.

Mendagri juga mengajak mahasiswa pada saat kuliah kerja nyata untuk turun langsung ke bawah, melihat langsung apa yang terjadi saat ini dalam konteks multidimensi.

BACA  6 Terduga Pelaku Pembongkaran Makam Jenazah Covid-19 Ditangkap

“Ini akan sangat bermanfaat karena mungkin pandemi seperti ini yang belum pernah di kita alami sebelumnya mungkin 100 tahun ke depan, belum tentu terjadi mungkin dan mudah-mudahan tidak terjadi. Ini adalah pengalaman langka adik-adik turun langsung,” katanya.

Dengan turun langsung, mahasiswa dapat melihat apa yang dihadapi oleh para pengambil kebijakan dan masyarakat saat ini.

“Dengan teori-teori yang sudah dipelajari selama kuliah maka adik-adik melihat langsung dan berusaha untuk mempelajari apa yang terjadi dalam dimensi kesehatan, ekonomi, sosial, politik, keamanan dan lain-lain,” kata Tito.

BACA  Vaksin Terhadap Petugas Pelayanan Publik Tuntaskan

Mendagri juga mengharapkan mahasiswa bisa memberikan solusi atau saran dalam mencegah dan menangani pandemi Covid-19.

“Saran yang tidak hanya hitam putih dalam satu disiplin ilmu, bagaimana mencegah penularan dengan memikirkan bagaimana menyelamatkan ekonomi, menjaga stabilitas politik dan keamanan. Ini menjadi sangat penting,” ujarnya. (ant/jpnn)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar