Selasa, 27 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mengenal 7 Jenis Vitamin B Kompleks yang Ampuh Atasi Masalah Kulit

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Senin, 28 September 2020 | 11:05 WITA Tag: ,
  ILUSTRASI. Kandungan vitamin B diketahui bermanfaat untuk kecantikan kulit. Tak heran, jika vitamin B sering terlihat dalam skin care atau kosmetik. (healthline)


Hargo.co.id – Kandungan vitamin B diketahui bermanfaat untuk kecantikan kulit. Tak heran, jika vitamin B sering terlihat dalam skin care atau kosmetik. Salah satu yang sering dikenal sebagai key ingredients skincare adalah vitamin B3 atau dikenal dengan niacinamide.

Tapi, tahukah Anda kalau tak hanya vitamin B3 saja lho yang bermanfaat untuk kulit. Seperti B1, B2, B5, B6, B9, dan B12 juga memiliki peran serupa. Menurut Country Director Swissvita Indonesia Sean Lim, memilih vitamin B kompleks sebagai key ingredients karena ingin fokus mengatasi masalah kulit.

Menurut dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK, vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Seperti, kulit menjadi tak kusam, berkilau, mengatasi peradangan, hingga mengatasi penuaan dini.

Tapi, meski vitamin B kompleks memiliki manfaat untuk kulit. Ada yang perlu diperhatika dalam penggunaannya. Yakni jangan gunakan skin care berbahan vitamin B kompleks secara bersamaan dengan kandungan AHA, BHA, retinol atau vitamin C. Sebab dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, serta mengurangi efektivitas dari vitamin B kompleks itu sendiri.

BACA  Ini Dia Cara Atasi Bercak Cokelat di Wajah

“Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada pagi hari, sedangkan kandungan AHA, BHA, retinol, dan vitamin C di malam hari,” kata ahli kulit yang juga sebagai ekspert Swissvita Indonesia dalam keterangan rilis, Jumat (25/09).

Setidaknya ada 7 jenis vitamin B yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit. Berikut penjelasannya.

Vitamin B1 (Thiamin)

Berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, sel kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat.

BACA  4 Pilihan Cemilan Rebus yang Aman Dikonsumsi Saat Diet

Vitamin B2 (Riboflavin)

Merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Kekurangan vitamin B2 berhubungan dengan meradangnya jerawat. Selain itu, memiliki peran dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang membuat kulit tetap lembut. Vitamin ini bisa mencegah kondisi kulit, seperti eksim dan dermatitis.

Vitamin B3 (Niacinamide)

Berperan memperbaiki lapisan teratas kulit, yakni lapisan epidermis dalam menahan kelembaban. Mampu menghambat transfer pigmen ke sel kulit sehingga pembentuk flek hitam bisa diminimalisir. “Selain itu, dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin kenyal serta memudarkan noda hitam di wajah,” ujar dr. Ruri.

Vitamin B5 (Pantothenic acid)

Asam pantothenat terbukti mampu mengurangi pembentukan minyak dan mengurangi pembentukan jerawat. Vitaminnya memiliki efek moisturizing yang penting dalam memelihara barrier kulit, sehingga menjadikan kulit terasa lebih kenyal, sehat, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

BACA  Ayo Konsumsi Pepaya, Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan

Vitamin B6 (Pyridoxine)

Dapat membantu pembentukan asam amino yang penting dalam memelihara barrier kesehatan kulit. “Sayangnya, pyridoxine ini dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan atau sensitif terhadap bahan atau kandungan iritan/alergi”, kata dr. Ruri.

Vitamin B9 (Folic Acid)

Mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya akumulasi radikal bebas. Radikal bebas bila terakumulasi terus menerus bisa merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Fungsinya berperan mencegah kemerahan atau peradangan pada kulit melalui mekanisme menghambat pembentukan radikal bebas.(nas/jawapos/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Mengenal 7 Jenis Vitamin B Kompleks yang Ampuh Atasi Masalah Kulit“. Pada edisi Jumat, 25 September 2020.

Komentar