Sabtu, 30 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mengunjungi UII, Universitas Nasional Tertua di Indonesia (1/2)

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 16 September 2016 | 13:41 WITA Tag: , ,
  


Candi Hindu di Tengah Kampus Islam

Universitas Islam Indonesia (UII) benar-benar pusat peradaban. Selain tempat menimba ilmu pengetahuan, perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia itu memiliki warisan peradaban. Yaitu Candi Kimpulan, yang letaknya di tengah-tengah kampus.

Hasanuddin Djadin, Yogyakarta

Jarum jam menunjukkan tepat pukul 08.00 WIB, Kamis (15/9). Udara Kota Yogyakarta terasa cukup sejuk. Matahari bersinar malu-malu di balik mendung tipis.

Lalu lalang pejalan kaki memenuhi pedestrian di kawasan Malioboro. Tak ketinggalan para pengemudi becak yang seakan tak bosan-bosannya menawarkan jasa angkut kepada setiap pejalan kaki itu.

Ya, hari masih cukup pagi. Tetapi kehidupan Kota Yogyakarta sudah bergeliat. Di tengah dinamika kota yang memiliki tagline “Istimewa” itu, Gorontalo Post bersama Alifya Kasih Widjayanti Antogia (siswi kelas XI MAN Insan Cendekia) dan Kurnia Azizah (guru Bahasa Indonesia, MAN Insan Cendekia) sudah harus bersiap menuju ke kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) di Jl. Kaliurang km 14,5 Sleman, Yogyakarta.

Alifya sendiri merupakan pemenang lomba esai SMA/MA dan SMK sederajat se Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan UII akhir Agustus lalu di Gorontalo.

Selain mendapatkan hadiah uang tunai, Alifya juga berkesempatan untuk mengunjungi kampus UII Yogyakarta.

Dari hotel tempat menginap di kawasan Maliboro, perjalanan menuju ke kampus terpadu UII memakan waktu lebih kurang 45 menit. Sepanjang perjalanan, Gorontalo Post dan rombongan disuguhi suasana kota yang nyaman dan sejuk.

Di pinggir jalan berjejer pohon menjulang tinggi. Sisi kanan kiri jalan tampak bersih dengan trotoar yang rapi.

Saat akan memasuki kawasan kampus, sebuah gerbang dengan tulisan Universitas Islam Indonesia terpampang lebar. Dan tepat di pintu gerbang, pengendara mobil harus melewati portal parkir.

Modelnya sama dengan portal parkir yang ada di mall. Sementara untuk pengendara sepeda motor dipersiapkan jalur khusus tanpa harus melewati portal parkir.

Loading spinner

Laman: 1 2 3


Komentar