Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mengurangi Minus dan Menjaga Kesehatan Mata

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Senin, 25 Juni 2018 | 20:33 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id,Zetizen-GP- Mata minus alias rabun jauh atau miopi merupakan salah satu penyakit mata yang umum banget diderita orang-orang. Makin banyaknya orang yang ketagihan gadget juga sama sekali nggak membantu mengurangi penyakit mata satu ini. Soalnya, kebiasaan memandang layar laptop/gadget dalam waktu lama itu bisa bikin mata jadi lelah. Begitu juga membaca sambil tiduran yang memaksa mata kita melakukan kerja maksimal untuk bisa fokus pada objek yang kita baca. Biasanya, kalau udah begini, kamu bakal dianjurkan makan-makanan yang katanya baik buat mata seperti tomat, wortel dan kacang kacangan. Tapi tau nggak sih, makanan aja nggak cukup untuk kurangin mata minus kalian. Hal-hal berikut ini juga bisa kamu lakukan buat bikin matamu jadi lebih sehat.

Jangan Tergantung dengan Kaca Mata
Kebanyakan orang menganggap kalau memakai kacamata terus-menerus itu baik buat mencegah minus pada mata bertambah. Padahal, hal itu nggak selamanya benar. Memakai kacamata setiap saat bisa bikin otot mata kamu jadi selalu tegang karena harus menyesuaikan dengan titik fokus yang berubah akibat penggunaan kacamata. Makanya, saat kamu lagi nggak benar-benar perlu kacamata buat membaca atau semacamnya, lepas aja kacamatamu untuk beberapa saat dan biarkan pandanganmu jadi apa adanya. Hal ini bakal memberikan kesempatan buat otot matamu berelaksasi beberapa saat,.

BACA  Terkait Pengolahan Sampah, Wakil Bupati Tolitoli Kunjungi Pohuwato

Biasakan Mengganti Objek Pandang 
Terlalu lama fokus memandang satu titik atau objek yang sama ternyata juga bisa bikin mata jadi lelah. Sama kayak poin pertama, otot mata kamu akan kaku kalau kamu terlalu fokus pada satu objek dalam waktu lama. Cobalah sesekali mengganti fokus matamu dengan melihat benda yang lebih jauh atau lebih dekat secara bergantian. Hal ini bakal membantu minusmu bertambah karena otot matamu jadi lebih fleksibel mengatur jarak fokus.

BACA  Terkait Pengolahan Sampah, Wakil Bupati Tolitoli Kunjungi Pohuwato

Latih Mata dengan Benda Bergerak
Di dunia ini banyak banget benda yang bisa bergerak. Dan ternyata, melatih mata buat mengikuti benda-benda bergerak itu bisa jadi kebiasaan yang menyehatkan loh. Misalnya dengan melihat kendaraan motor yang berlalu lalang di jalan raya atau dengan benda sederhana seperti bola pingpong yang ada di rumah, cukup di kaitkan dengan benang lalu di gerakkan pelan pelan. Coba kalian amati pergerakannya yang maju mundur cantik ala syahrini yang lagi catwalk, hehehe…

Batasi Penggunaan Gadget
Did you know? Sinar atau cahaya yang di hasilkan layar gadget itu bisa bikin mata kamu lelah dan membuat otot-ototnya kaku. That’s why, buat kamu yang emang harus melakukan pekerjaan di depan laptop atau gadget dengan pancaran layar yang terang, biasain deh buat break tiap 15 menit untuk mengistirahatkan matamu. Gunakan waktu break ini buat menggerak-gerakkan bola mata. Memejamkan mata selama beberapa saat juga bisa membantu otot mata buat kembali rileks.

BACA  Terkait Pengolahan Sampah, Wakil Bupati Tolitoli Kunjungi Pohuwato

Biasakan Pola Hidup Sehat
Nah, buat mendukung kesehatan matamu, nggak ada yang lebih tepat dibanding membiasakan hidup sehat. Selain melakukan tips-tips ini, kamu juga bisa membiasakan makan-makanan yang baik buat mata, sekaligus melakukan kegiatan kayak senam mata dan semacamnya.

Kamu juga bisa banget mencoba berjemur di bawah panas matahari pagi buat membantu tubuh dan syaraf-syaraf di bagian wajahmu ikut rileks. Cara berjemur ini juga cukup mudah, pejamkan mata, dan cobalah menatap matahari sambil tetap memejamkan mata. Jika masih tetap terasa silau, alihkan sedikit pandanganmu. Yang penting, hangat dan pancaran sinar terasa sampai di wajah dan mengenai mata. Gimana sama tips tipsnya? Gampang banget kan? Sayangi mata kamu sebagaimana kamu menyayangi diri kamu sendiri ya. Selamat Mencoba! .(zt-07/zetizen.com/hargo)


Komentar