Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menilai First Lady Melania Trump dari Fotonya

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Kamis, 6 April 2017 | 16:30 PM Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Gedung Putih secara resmi menunjukkan foto First Lady Melania Trump. Detail mengenai foto tersebut belum terungkap. Namun, Gedung Putih mengatakan kalau foto itu diambil di Gedung Putih.

”Saya terhormat menjalankan peran First Lady dan tidak sabar untuk bekerja atas nama rakyat Amerika Serikat di masa-masa mendatang,” kata Melania. Foto itu pun langsung menjadi meme dan komentar-komentar langsung membandingkannya dengan foto Michelle Obama dan Hillary Clinton.

Jadi, ada apa di balik foto Melania ini? Prof Cara A Finnegan dari Departemen Komunikasi di Universitas Illinois, AS, mengatakan kalau foro semacam ini sangat penting. Foto tersebut bisa menggambarkan bagaimana orang yang memiliki kekuasaan melihat diri mereka sendiri.

”Foto presiden sangat penting, karena presiden menganggap foto mereka adalah penting,” katanya. Pun demikian dengan Melania. Apalagi, sebagai mantan model yang tinggal di New York bersama anak lelakinya, Baron, 10, Melania tidak memiliki banyak peran penting dibandingkan First Lady sebelumnya.

”Gedung Putih melakukan yang terbaik untuk menampilkan Melania. Latar belakang abstrak, yang mereka sebut di Gedung Putih, tetapi juga tidak jelas, adalah gambaran situasi Melania sekarang,” sambungnya.

Foto Melania yang melipat tangan dianggap Prof Finnegan sebagai bentuk pertahanan diri. ”Ketika berbicara mengenai foto perempuan, membahas tentang bahasa tubuh sangatlah rumit. Karena terkadang interprestasi kita lebih banyak mengatakan tentang kita sendiri daripada foto tersebut,” ulasnya.

Buat Prof Nicole Dahmen dari Sekolah Jurnalisme dan Komunikasi Universitas Oregon, foto Melania menggambarkan kekayaan dan bintang Trump di Gedung Putih. ”Foto yang diedit habis-habisan ini juga dilihat setara dengan kenyataan kalau pemerintahan Trump banyak berdusta dan menggunakan kebenaran alternatif,” kata Prof Dahmen. ”Foto ini konstruksi realitas. Bukan realitas sebenarnya.” (BBC/tia)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar