Kamis, 1 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menlu Amerika Antusias Menyambut Sidang Pemakzulan Trump

Oleh Jamal De Marshall , dalam Kabar Dunia , pada Kamis, 19 Desember 2019 | 21:44 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan bahwa dirinya akan dengan senang hati bersaksi dalam sidang pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump di Senat, jika hal itu diharuskan oleh hukum.

“Saya senang untuk mengeluarkan dokumen, saya senang untuk bersaksi jika itu sesuai, diharuskan oleh hukum,” kata Pompeo saat konferensi pers, Rabu (18/12).

BACA  Malaysia Tutup Pintu Masuk Buat WNA dari 23 Negara, Termasuk Indonesia

“Departemen Luar Negeri telah melakukan semua hal yang sama, kami akan terus melakukannya,” katanya.

DPR Amerika Serikat telah menyetujui pemakzulan Donald Trump. Kini, Senat harus bersidang untuk menentukan apakah presiden ke-45 AS itu layak ditendang dari gedung putih atau tidak.

Penyelidikan DPR berfokus pada permintaan Trump dalam percakapan telepon Juli dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Trump meminta Zelenskiy memata-matai mantan wakil presiden Joe Biden, musuh politiknya, dan putranya Hunter Biden, yang duduk di kursi dewan perusahaan gas Ukraina Burisma.

BACA  Sempat Menang, Pasukan Azerbaijan Tak Berdaya Melawan Serangan Balik Armenia di Hari Kedua

Awal penyelidikan, dengan tegas Pompeo menolak upaya untuk memperoleh deposisi dari mantan dan pejabat Departemen Luar Negeri saat ini. Ia menuding Demokrat melakukan perundungan dan intimidasi. Ia menolak untuk mengindahkan surat pemanggilan atas sejumlah dokumen.

BACA  Tiongkok Sebut Kapal Patrolinya Berhak Masuk Laut Natuna

Gedung Putih Tolak Panggilan DPR AS terkait Pemakzulan Donald Trump
Sejak itu, sejumlah senior Kementerian Luar Negeri Ukraina dan diplomat Rusia bersaksi di hadapan Komite Intelijen DPR sebagai bagian dari penyelidikan. (ant/dil/jpnn)

*Berita ini juga disiarkan oleh jpnn.com pada edisi Kamis, 19 Desember 2019 


Komentar