Selasa, 27 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menlu Tiongkok Bertemu Menko Luhut, Bahas Dua Proyek Besar

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Dunia , pada Minggu, 11 Oktober 2020 | 00:05 WITA Tag: ,
  Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan/pri


Hargo.co.id, YUNNAN – Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok Wang Yi menggelar pembicaraan dengan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan di Yunnan, Tiongkok, Jumat (9/10).

Seperti yang dilansir JPNN.com, Dalam pertemuan tersebut Luhut bertindak sebagai utusan khusus presiden sekaligus Koordinator Kerja Sama Indonesia dengan Tiongkok.

BACA  Pernyataan Menohok Diplomat Muda Indonesia Menanggapi PM Vanuatu

Selaras dengan peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia, Wang berharap kedua negara dapat memperkuat kerja sama di bidang-bidang seperti vaksin, e-commerce, kecerdasan buatan, serta pertukaran budaya dan masyarakat.

Wang juga mengatakan bahwa kedua negara harus memainkan peran utama dalam menegakkan kesetaraan dan keadilan, menjaga multilateralisme dan demokratisasi hubungan internasional, serta menjaga kepentingan bersama negara-negara dengan perekonomian yang berkembang cepat (emerging economies).

BACA  Ekonomi di Ujung Tanduk, Inggris Mati-matian Hindari Lockdown

Luhut mengatakan Indonesia berkeinginan untuk fokus pada upaya penguatan kerja sama vaksin dan kesehatan dengan Tiongkok, segera menandatangani dokumen kerja sama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra dan Poros Maritim Dunia, serta bersama-sama menjunjung multilateralisme.(xinhua/ant/dil/jpnn/hg)

BACA  Janji Manis Tiongkok soal Harga Vaksin COVID-19, Lebih Baik dari Amerika

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Sambangi Menlu Tiongkok, Menko Luhut Bahas Dua Proyek Besar“. Pada edisi Sabtu, 10 Oktober 2020.

Komentar