Kamis, 6 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menpora RI Buka Turnamen Catur Gorontalo Cup

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 15 September 2022 | 22:05 Tag: , ,
  Menpora RI, Zainudin Amali saat membuka Turnamen Catur Gubernur Gorontalo Cup ke VIII di Hotel Aston Kota Gorontalo, (15/9/2022).

Hargo.co.id, GORONTALO – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mengapresiasi penyelenggaraan Turnamen Catur Gubernur Gorontalo Cup ke VIII yang diinisiasi oleh pemerintah setempat.

Dirinya mengatakan, catur merupakan salah satu cabang olahraga kebanggaan tanah air karena menjadi salah satu penyumbang medali bagi Indonesia dalam setiap kejuaraan tingkat Asia, maupun Asia Tenggara hingga Internasional. 

“Kompetisi itu sangat penting. Tanpa kompetisi, maka kita tidak bisa mengukur pelatihan dan pembinaan yang sudah dilakukan,” katanya saat pembukaan Turnamen yang berlangsung di Hotel Aston, Kota Gorontalo tersebut, Kamis (15/9/2022). 

Menteri berdarah Gorontalo ini berharap, kompetisi catur seperti itu bisa diselenggarakan di berbagai tingkatan untuk merangsang lahirnya atlet-atlet catur yang dapat mengharumkan nama Indonesia dari Provinsi Gorontalo.

“Catur ini berprestasi karena organisasinya diurus oleh orang yang hidupnya di catur, sehingga tata kelola organisasinya juga baik. Pada Sea Games tahun 2021 di Vietnam, catur menyumbang tiga medali emas,” katanya mengungkapkan. 

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan, turnamen tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendongkrak perekonomian daerah melalui olahraga. 

“Waktu saya baru datang bertugas di Gorontalo, ekonomi di daerah ini kurang berputar karena pandemi. Sekarang ekonomi masyarakat mulai bergeliat, dengan adanya kegiatan-kegiatan olahraga seperti ini,” kata Hamka Hendra Noer. 

Seperti diketahui, Menpora RI, Zainudin Amali tiba di Gorontalo pada Kamis (15/9/2022) dalam rangka kunjungan kerja. Dirinya dijadwalkan akan melakukan beberapa agenda hingga sabtu pekan ini. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar