Selasa, 19 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menristek Jamin UNG Segera Miliki Fakultas Kedokteran

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 21 Juli 2017 | 11:36 WITA Tag: , , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Rencana pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (FK UNG) terus mendapat dukungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Bahkan Menristek Dikti Mohammad Nasir memberikan jaminan atas pendirian FK UNG. Jaminan itu mengemuka dalam peletakan pembangunan kampus baru UNG di Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango, Kamis (20/7).

Menurut Moh.Nasir, Kemenristek sangat mendukung terwujudnya FK UNG. Sejalan hal itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pendirian dan pengelolaan FK UNG.

BACA  Hingga 3 Januari 2021, Gorontalo Utara Tutup Seluruh Destinasi Wisata

“FK UNG sedang kami persiapkan. Dan untuk kami akan berusaha berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang lebih berwenang dalam pengelolaan pendidikan kedokteran,” ungkap Muhammad Nasir.

Adapun salah satu lembaga yang akan dikoordinasikan terkait pendirian FK UNG adalah Konsul Kedokteran Indonesia (KKI). Lembaga ini memiliki fungsi mengesahkan standar pendidikan profesi dokter dan dokter gigi.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) maupun pihak-pihak lain yang memiliki hubungan dengan pendirian dan pengelaan pendidikan kedokteran. Yang pastinya, kami memberikan dukungan untuk terwujudkan Fakultas Kedokteran di UNG,” urai Moh.Nasir.

BACA  Danrem 133 NW Ajak Warga Gorontalo Hadapi Nataru dengan 4 Orientasi

Sementara itu sejalan dengan pembangunan kampus baru UNG di Bone Bolango, Menristek Dikti Muhammad Nasir berharap kualitas pendidikan UNG semakin maju. Indikatornya salah satunya ditunjukkan dengan akreditasi. Guru besar Universitas Diponegoro, Semarang itu berharap, UNG bisa meraih akreditas A.

“Dengan demikian, UNG merupakan kampus ketiga meraih akreditas A di Sulawesi,” tegas Muhammad Nasir. Harapan Menristek Dikti itu disambut antusias Rektor UNG Syamsu Qomar Badu. Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk meraih akreditasi A. Seperti akreditasi program studi, penyusunan borang maupun persiapan lainnya berkaitan akreditasi universitas.

BACA  Ini Kata Warga Miranti Tentang Kualitas Bantuan Pemprov Gorontalo

“Insya Allah kampus UNG bisa meraih akreditasi A,” ujar Syamsu Qomar Badu. Sebagaimana diketahui, untuk meraih akreditasi A, minimal 10 persen program studi yang ada terakreditasi A. Saat ini, UNG memiliki 56 program studi. Dari jumlah tersebut 8 sudah terakreditasi A. Sedangkan sisanya terakreditasi B. Dengan kondisi itu, maka UNG memenuhi syarat untuk akreditasi A.(wan/hg)

 


Komentar