Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menteri Harus Percepat Bantuan untuk Pelaku UMKM

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Senayan , pada Rabu, 26 Agustus 2020 | 21:05 WITA Tag: , , ,
  Wakil Ketua MPR Syarief Hasan. Foto: Humas MPR


Hargo.co.id, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan tunai kepada 12 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM, sebagai sektor paling terpukul akibat pandemi Covid-19.

Apalagi di tengah perekonomian Indonesia terkontraksi hingga minus 5,32 persen. Pelaku UMKM juga banyak yang terpaksa menutup usaha untuk sementara waktu maupun permanen karena tak punya modal lagi.

“Menteri-menteri harus mempercepat bantuan itu. UMKM perlu segera dibantu agar dapat hidup kembali. Begitu juga stimulus KUR, restrukturisasi kredit, insentif perpajakan, dan sektor lain, harapannya segera direalisasikan,” kata Syarief Hasan di Jakarta, sebagaimana dilansir JPNN.com, Selasa (25/8).

BACA  Fadel Muhammad Ajak Masyarakat Memperkuat Implementasi Empat Pilar MPR

Politikus Partai Demokrat ini menyebutkan, bantuan langsung untuk UMKM ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal berikutnya.

“Realisasi anggaran bantuan UMKM ini salah satu jalan untuk menguatkan kembali ekonomi Indonesia,” tukas mantan Menteri Koperasi dan UKM ini.

Syarief juga menyoroti kinerja para menteri. Menurutnya, Presiden Jokowi justru terlihat lebih sering menyalurkan bantuan UMKM dibandingkan menteri yang seharusnya bekerja secara teknis.

BACA  Wakil Ketua MPR Ajak Masyarakat Terlibat Aktif Atasi Pandemi

Penilaian Syarief ini terkonfirmasi dengan seringnya Presiden Ketujuh RI itu mengeluhkan lambannya kinerja menteri dalam mengeksekusi berbagai program stimulus ekonomi di masa pandemi.

“Kunci dari bantuan langsung ini adalah percepatan. UMKM tidak boleh dipersulit dengan data dan alur birokrasi yang panjang dan melelahkan. Menteri-menteri harus melakukan reformasi birokrasi sehingga bantuan tersebut segera diterima oleh pelaku UMKM,” tegas Syarief.

Politikus kelahiran Palopo, Sulawesi Selatan ini menyebutkan, UMKM merupakan tulang punggung dan penyangga utama ekonomi Indonesia. Ini dibuktikan dengan kontribusi besar sektor ini terhadap PDB, yakni 61 persen, serta menyerap 97 persen tenaga kerja nasional.

BACA  Pemerintah Harus Lebih Serius Perhatikan Pelaku UMKM

“Menteri selaku pembantu presiden harus segera merealisasikan rencana Presiden Jokowi untuk membantu UMKM yang memiliki kontribusi besar. Jangan biarkan UMKM mati dulu, baru setelah itu dibantu,” tandas Syarief. (jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Syarief Hasan: Menteri Harus Percepat Bantuan untuk Pelaku UMKM“. Pada edisi Selasa, 25 Agustus 2020.

Komentar