Jumat, 25 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Menyelinap Lewat Laut, 16 Orang Pemudik Asal Sulut Terciduk Petugas

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo Headline HumKam , pada Rabu, 20 Mei 2020 | 05:05 WITA Tag: ,
  Sebanyak 16 orang pemudik asal Sulut yang berusaha penyelinap masuk Gorontalo lewat laut, terciduk personel Kodim 1314 Gorut. Tampak dalam foto para pemudik itu menumpangi mobil pick up guna diserahkan ke Tim Gugus Tugas. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 16 orang warga pemudik asal Sulawesi Utara (Sulut) yang berusaha menyelinap masuk ke Gorontalo melalui jalur laut, berhasil terdeteksi. Selanjutnya, oleh Personel Kodim 1314 Gorontalo Utara (Gorut) pada Rabu (20/05/2020) pukul 00.15 Wita langsung diamankan.

Menurut Komandan Kodim 1314 Gorut, Letkol Arm. Firstya Andrean Gitrias SH. MM, awalnya personel Intel Kodim 1314 Gorut mendapat informasi dari warga, bahwa ada 3 unit mobil menurunkan penumpangnya di Desa Buko Utara, Kecamatan Pinogaluman, Bolaang Mongondow Utara, Sulut.

BACA  Sinergitas Pemprov dan Korem 133 NWB Diharapkan Semakin Kuat

“Jadi personel kami awalnya menerima informasi bahwa ke 16 orang pemudik itu diturunkan di Desa Buko Utara dan selanjutnya menaiki perahu untuk menuju ke Pantai Minanga, Kecamatan Atinggola, Gorntalo. Namun karena ketatnya penjagaan, pengemudi perahu kemudian mengalihkan untuk mendarat di Pantai Desa Bungkuduo, Desa Imana,” terang Letkol Arm. Firstya Andrean Gitrias SH. MM.

Lanjut Dandim 1314 Gorut menjelaskan, dikarenakan Pantai Bungkuduo juga dijaga ketat oleh aparat Kepada Desa dan Babinsa setempat, maka mereka kembali gagal mendarat.

BACA  Golkar Usung Kader PPP, Duet Parpol Klasik Peluang Terjadi di Bone Bolango

“Saya kemudian memerintahkan personel TNI untuk berkoordinasi dengan pihak Pol Airud Polda Gorontalo yang sedang berpatroli di wilayah itu. Oleh personel Polairud, perahu yang ditumpangi ke 16 orang pemudik itu berhasil digiring dan dipaksa mendarat di Dermaga TPI Desa Pasalae, Kecamatan Gentuma,” jelas Letkol Arm. Firstya Andrean Gitrias SH. MM.

Ditambahkannya juga, setelah berhasil mendarat di Dermaga TPI Gentuma, ke 16 warga itu kemudian langsung digiring ke Pos Perbatasan Gorut-Bolmut untuk diserahkan ke petugas Pos Gugus Tugas.

BACA  Satpol PP Terus Tindaki Pelanggar Pergub 41

Dari pengakuan mereka kepada petugas, bahwa sebelumnya mereka berusaha masuk melalui jalur perbatasan. Namun dikarenakan ditutup total, maka mereka memilih menyelinap masuk ke Gorontalo melalui jalur laut.

Oleh petugas perbatasan, 16 orang pemudik itu, kemudian diarahkan untuk kembali ke Sulut dan menunggu hingga pelaksanaan PSBB berakhir. (zul/hg)


Komentar