Rabu, 3 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Merespon Keresahan Masyarakat, Polda Gorontalo Akan Berantas Aksi Premanisme

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Selasa, 9 Februari 2021 | 07:05 WITA Tag: ,
  Dir Reskrimum Polda Gorontalo, Kombes Pol. Deni Okvianto, S.I.K, M.H (Tengah) saat mengikuti dialog di TVRI. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Aksi premanisme yang meresahkan masyarakat, nantinya akan menjadi perhatian serius Polda Gorontalo. bahkan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Kombes Pol. Deni Okvianto, S.I.K, M.H, saat menjadi narasumber dalam kegiatan dialog interaktif yang dilaksanakan oleh TVRI Gorontalo, menegaskan akan memberantas yang namanya aksi premanisme.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut, mengangkat tema ‘Penyadaran Hukum Menekan Angka Kriminalitas’. Kegiatan itu pula turut dihadiri Afrianto Nusi, S.H, M.H selaku Akademisi dan Pengamat Hukum Gorontalo dan Budi Muda selaku moderator.

Mengawali dialog, Afrianto mengatakan, kejahatan itu alamiah. Hanya saja kriminalitas ini bisa ditekan atau tidak? Tentu saja bisa, dengan melakukan tindakan pendekatan seperti preemtif, preventif, dan refresif.

BACA  Lagi, Anak di Bawah Umur Jadi Korban Pencabulan

“Lebih baik menekan daripada memenjarakan orang. Hanya saja, ketika terjadi tindak pidana, mau tidak mau ada kepentingan publik yang harus dijaga dengan cara melakukan penegakan hukum terhadap pelaku,” tutupnya.

Sementara itu Dir Reskrimum Polda Gorontalo, Kombes Pol. Deni Okvianto, S.I.K, M.H mengatakan, aksi-aksi premanisme mulai dari mengancam, ancaman dengan kekerasan yang biasanya terjadi penganiayaan dan pengeroyokan, merupakan pelanggaran pidana.

“Sebagaimana Commander Wish Bapak Kapolri yang menginginkan Transformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan), akibat adanya aksi premanisme jelas menimbulkan keresahan di masyarakat. Oleh karenanya, dibutuhkan ketanggap segeraan Polri merespon apa yang diharapkan masyarakat, yakni suasana yang aman, jauh dari rasa khawatir, dan ini sudah dilaksanakan oleh Polda Gorontalo beserta jajaran, dengan melakukan kegiatan patroli. Kami juga telah membuat kegiatan kring serse. Ini semua adalah upaya-upaya pencegahan aksi premanisme maupun kriminalitas lainnya. Selain itu, kami juga lakukan penegakkan hukum bagi mereka yang terbukti melakukan tindak pidana,” jelasnya.

BACA  Terkait Bom Ikan, Polairud Tahan Tiga Warga di Torosiaje

Lanjut kata Kombes Pol. Deni Okvianto, S.I.K, M.H, secara tegas jangan biarkan aksi premanisme berkembang di bumi Gorontalo. Pihaknya pula sangat mengharapkan peran serta masyarakat, untuk membantu Polri mewujudkan situasi Kamtibmas di wilayah Gorontalo. Berbagai akar permasalahan kriminalitas, lebih banyak disebabkan oleh minuman keras (Miras). Oleh karena itu, Polda Gorontalo berserta Polres jajaran, terus melakukan pemberantasan. Namun selama permintaan masih banyak, dengan kata lain budaya Miras masih ada di masyarakat, maka suplay Miras pun akan terus ada.

BACA  Diperiksa 12 Jam, Abu Janda Jelaskan Soal Maksud Kalimat Islam Arogan

“Oleh karena itu melalui kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Silahkan informasikan jika ada yang masih menjual Miras, ataupun barang-barang terlarang lainnya. Laporkan juga jika ada kegiatan-kegiatan baik seseorang atau kelompok orang yang mencurigakan, termasuk aksi premanisme. Ada Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa disetiap desa. Silahkan laporkan kepada mereka, sehingga sejak dini, hal-hal yang tidak kita harapkan bisa dicegah atau diantisipasi. Jangan biarkan aksi premanisme berkembang di wilayah kita. Oleh karena itu, mari kita lebih peduli terhadap keamanan lingkungan,” harapnya.(jc/hargo)


Komentar