Minggu, 22 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Merlan Uloli Tunjukkan Sosok Calon Pemimpin di Debat Cawabup

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial , pada Rabu, 28 Oktober 2020 | 23:05 WITA Tag: ,
  Suasana pelaksanaan debat Calon Wakil Bupati Bone Bolango yang dilaksanakan KPU, Rabu (28/10/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Calon Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli menunjukkan sosok calon pemimpin yang cerdas pada pelaksanaan debat Calon Wabup Bone Bolango yang diselenggarakan KPU, Rabu (28/10/2020).

“Kita sudah lihat semua tadi. Dari kandidat Cawabup yang ada, kualitas ibu Merlan diatas rata-rata calon lain. Pelaksanaan debat tadi, bagi saya, dia menunjukkan seorang pemimpin yang cerdas,” ujar tokoh masyarakat Bone Bolango, Yakub Tangahu.

Pada pelaksanaan debat itu sendiri, Merlan Uloli yang didampingi keluarga dan tim pemenangan, begitu tenang dan penuh percaya diri memaparkan berbagai visi, misi dan program prioritas serta cara mengimplementasikannya. Akibatnya, berbagai program itu tersampaikan secara terstruktur dan sistematis. Dia juga begitu elegan ketika memberikan pertanyaan kepada Cawabup lain.

BACA  Isu Pencoretan Pasangan Hamim Pou-Merlan Uloli Hanya Hoax

Hebatnya lagi, ketika giliran ditanya oleh Cawabup lain, jawaban Merlan Uloli tidak pernah lari dari substansi pertanyaan. Seperti contohnya, pertanyaan tentang cara mengimplementasikan peningkatan pelayanan publik. Dengan lugas, Merlan menjawab, jika mendapat kepercayaan dari warga Bone Bolango, peningkatan pelayanan publik akan dilakukan berbasis digital.

“Insya Allah kita akan meningkatkan pelayanan publik berbasis digital. Masyarakat tidak perlu lagi bersusah-susah membuang waktu dan ongkos transportasi untuk ke kantor pemerintahan hanya untuk mendapatkan pelayanan, seperti pelayanan administrasi kependudukan. Cukup lewat handphone, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal,” ujar Merlan Uloli.

BACA  Rusli Habibie Menjadi Pendonor Tetap di Ponpes Ulul Albab Lampung

Begitu juga dengan pertanyaan terkait sejumlah proyek pembangunan di Kabupaten Bone Bolango yang tidak diselesaikan, seperti halnya pembangunan sejumlah ruangan Rumah Sakit Toto. Dengan santai, Merlan Uloli menjawab program pemerintah bisa dikerjakan berkelanjutan. Terkadang pemerintah harus bijak dalam melihat skala prioritas. Pembangunan RS Toto tertunda karena adanya pandemi Covid-19.

“Tahun ini, banyak anggaran tergerus akibat menangani Covid-19. Semua daerah begitu, termasuk Bone Bolango. Tapi, jangan menutup sebelah mata melihat pembangunan yang dilaksanakan pak Hamim selama memimpin Bone Bolango,” kata Merlan tersenyum.

BACA  1.807 Guru Segera Terima Sertifikasi, Dibayarkan Desember

Di closing statement debat, Merlan Uloli meninggalkan sebuah pesan yang penuh kesan bagi kaum perempuan. Dimana Merlan menyampaikan, perempuan dan laki-laki memang berbeda tapi tidak untuk dibeda-bedakan. Laki-laki dan perempuan punya hak yang sama, dipilih dan memilih. Memilih pemimpin laki-laki dan laki-laki adalah hal yang biasa. Namun, memilih pemimpin laki-laki dan perempuan adalah hal yang sangat luar biasa.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh kaum perempuan Bone Bolango untuk memilih nomor urut dua pada tanggal 9 Desember nanti,” pungkas Merlan.(rilis/adv/hg)


Komentar