Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri Hadir di City Mall Gorontalo

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 20 Maret 2021 | 03:05 WITA Tag: , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris menggukan mesin ADM untuk mencetak KTP El pada peresmian pemanfaatan mesin ADM di City Mall, Kota Gorontalo, Jumat (19/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang didirikan di kawasan City Mall Kota Gorontalo akhirnya telah diresmikan dan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat Gorontalo.

Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri itu diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di kawasan City Mall Kota Gorontalo pada Jumat (19/03/2021).

“Mesin ADM ini hadiah dari Kemendagri atas keberhasilan Provinsi Gorontalo meraih peringkat pertama nasional dalam perekaman KTP elektronik untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak lalu,”ujar H. Idris Rahim dalam sambutannya.

BACA  160 PNS di Kabupaten Gorontalo Beralih ke Jabatan Fungsional

Lanjut Wagub Gorontalo II periode itu menuturkan, keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja keras jajaran Dinas Dukcapil Provinsi Gorontalo dan tiga kabupaten yang menggelar Pilkada Serentak pada Desember 2020 lalu.

Sebelumnya Kabupaten Pohuwato meraih peringkat kedua nasional dengan menyisakan 11 orang yang tidak melakukan perekaman KTP Elektronik, Bone Bolango di peringkat ke 11 dengan menyisakan 38 orang, serta Kabupaten Gorontalo yang menyisakan 348 orang berada pada peringkat ke 17.

BACA  Lewat Paripurna, Gubernur Gorontalo Resmi Serahkan LKPJ 2020 Ke DPRD

“Prestasi itu tentunya menjadi kebanggaan kita bersama, apalagi hadirnya mesin ADM ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengurus dan memperoleh dokumen dukcapil,”tutur Wagub Idris Rahim.

Wagub juga menjelaskan, dimana Pemprov Gorontalo menghibahkan mesin ADM tersebut ke Pemerintah Kota Gorontalo dengan syarat harus ditempatkan di pusat keramaian. Pemkot Gorontalo selanjutnya bekerja sama dengan pihak City Mall untuk lokasi penempatan mesin yang dapat mencetak dokumen kependudukan itu.

BACA  Wagub: Stok Sembako di Gorontalo Aman Hingga Jelang Ramadan 1442 H

Dokumen kependudukan yang bisa dicetak melalui mesin ADM, di antaranya KTP-El, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian. Warga yang akan memanfaatkan mesin ADM terlebih dahulu harus mendaftar ke Dinas Dukcapil, untuk memperoleh Personal Identity Number (PIN) masuk ADM dan PIN pencetakan.

“Pelihara dan jaga dengan baik mesin ini agar bisa dimanfaatkan dalam waktu lama. Tempatkan petugas untuk mendampingi warga yang akan menggunakan mesin ADM ini,”tutup Idris Rahim.(zul/adv/hargo)


Komentar