Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Metode Pembelajaran di Tengah Pandemi Harus Dievaluasi Rutin

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Minggu, 16 Agustus 2020 | 08:05 WITA Tag:
  Anggota DPRD Gorut, Herson Hadi


Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Herson Hadi meminta kepada pemerintah melalui instansi terkait agar mengevaluasi metode pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Menurut Herson Hadi, pelaksanaan pendidikan dengan belajar dari rumah, tentunya memiliki dampak dan itu harus segera dilakukan evaluasi.

“Pasalnya, tidak semua orang tua siap dengan kondisi ini dan peran guru justru dianggap sangat penting bagi peningkatan mutu pendidikan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” jelasnya.

BACA  DPRD Gorontalo Utara Ingatkan Soal Serapan Anggaran

Di sisi lain, kondisi belajar dari rumah untuk para anak didik ini sudah berjalan cukup lama kata Herson, dan ada kebosanan yang timbul.

“Bosan hanya sebagian kecil polemik pendidikan yang ada di daerah ini, masih ada lagi persoalan lainnya yang perlu untuk diseriusi,” kata Herson Hadi.

BACA  Pemda Diminta Fokus Kelola dan Manfaatkan Anggaran

Lebih lanjut dikatakan bahwa persoalan lainnya yakni tidak semua orang tua siswa memiliki perangkat pendukung dalam proses belajar daring.

“Pasti ada orang tua yang tidak memiliki handphone android, dan juga tidak semua daerah di Gorut ini dapat terjangkau jaringan internet,” tegasnya.

Ada beberapa daerah yang karena letak geografisnya tidak dapat terjangkau jaringan internet, sehingga ini pasti akan mempengaruhi proses belajar daring.

BACA  DID Bone Bolango Tahun 2021 Rp. 54 Miliar, Tertinggi se Gorontalo

“Dan pihak sekolah serta dinas harus memperhatikan hal ini agar pemerataan pendidikan terjadi,” ujarnya.

Di sisi lain kata Herson evaluasi terhadap proses pembelajaran dan metode yang dipakai saat ini harus dilakukan secara rutin.

“Agar harapan dan target capaian pendidikan yang ditetapkan dapat tercapai dengan maksimal,” tandasnya. (abk/adv/hg)


Komentar