Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Michelin Manjakan Penonton MotoGP dengan Inovasi Terbaru

Oleh Berita Hargo , dalam Sportivo , pada Jumat, 17 Maret 2017 | 10:15 AM Tag: , , ,
  

Hargo.co.id – Dua Minggu ke depan para pencinta MotoGP akan kembali disuguhkan pertarungan para pembalap terbaik di Sirkuit Losail, Qatar, (26/3). Menariknya, para penikmat tontonan MotoGP juga akan dimanjakan dengan inovasi terbaru penyuplai ban, Michelin.

Hasil pengumpulan data pada 2016, Michelin siap menghadirkan ban slick terbaru untuk tahun ini. Prototype-nya diuji perdana saat tes akhir musim di Valencia dengan hasil yang mengesankan. Maklum saja, selama ini bagian depan yang menjadi problem. Para pembalap mengeluh dan disebut tidak sebaik kinerja Bridgestone (2015).

Total, akan ada 3 tipe ban slick depan dan juga 3 untuk belakang. “Kami telah memiliki tiga tes yang sukses. Kami memperkenalkan ban depan baru di Valencia dan bekerja sangat baik. Sekarang setelah tiga tes pengendara telah diberikan beberapa feedback yang sangat menguntungkan dan bermanfaat,” terang Direktur Teknik & Pengawasan Program MotoGP, Danny Aldridge.

Sensor Tyre Air Pressure (TAPS) yang diletakkan di ban dan dipasang dengan ID masing-masing pembalap.

Sensor Tyre Air Pressure (TAPS) yang diletakkan di ban dan dipasang dengan ID masing-masing pembalap. (motorcyclenews.com)

Pada bagian lain, penonton MotoGP akan dimanjakan dengan informasi langsung dan lengkap sehubungan ban yang dipakai pembalap. Jadi, tidak perlu berlama-lama atau menunggu informasi dari komentator televisi. Dalam hal ini digunakan Tyre Detection System.

Jadi, perangkat ini menggunakan tehnologi nirkabel dan mengidentifikasi ban. Ada sensor Tyre Air Pressure (TAPS) yang diletakkan di ban dan dipasang dengan ID masing-masing. Sinyal kemudian dibaca oleh transponder motor dan dikirim ke penyelenggara. Informasi ini langsung pula dikirim Dorna ke televisi yang menyiarkan langsung. (ira/JPG/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar