Selasa, 15 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Miliki Sabu-sabu Seberat 13,6 Gram, Oknum ASN Dibekuk Polisi

Oleh Mufakris Goma , dalam Metropolis , pada Selasa, 31 Desember 2019 | 20:29 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Gorontalo, dibekuk Polisi atas kepemilikan 13,6 Gram narkotika jenis sabu yang menurutnya akan disebarkan di wilayah Kota Gorontalo pada perayaan malam pergantian tahun.

Informasi penangkapan seorang oknum ASN ini, disampaikan oleh Kapolres Gorontalo Kota AKBP Desmont Harjendro S.I.K, MT bersama Satuan Narkoba melalui Press Conference yang digelar didepan Mapolres Gorontalo Kota pada Selasa (31/12/2019).

Kapolres Gorontalo Kota menjelaskan, bahwa pada Sabtu (28/12/2019) terduga pemilik sabu berinisial RM dibekuk oleh petugas Pos Operasi Lilin Kawasan Pelabuhan Gorontalo, saat akan menjemput paket di dalam kapal penyeberangan yang baru saja tiba dari Pagimana, Sulawesi Tengah.

“Saat itu kita mendapatkan informasi bahwa ada salah satu kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo. Didalam kapal tersebut terdapat barang yang dicurigai adalah narkotika. Jelas AKBP Desmont Harjendro S.I.K MT.

BACA  Kisruh di Pasar Sentral, Seorang Terluka

Lanjut mantan Kapolres Bone Bolango ini menuturkan, atas informasi tersebut petugas yang berada di Pos Operasi Lilin Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo, langsung mendatangi Kapal serta berkordinasi dengan Awak Kapal untuk menyampaikan bahwa ada barang yang dicurigai berisi Narkotika.

“Saat itu juga, anggota Polsek pelabuhan kota Gorontalo langsung mendatangi Kapal yang telah bersandar tersebut serta memeriksa, dan memerintahkan kepada Awak Kapal bahwa barang tersebut harus berada di kapal, tidak boleh diturunkan sambil menunggu pemilik barang untuk menjemput barang tersebut,” ujar AKBP Desmont Harjendro S.I.K MT.

BACA  Mobil Mini Bus Seruduk Rumah Warga, Sopir Diduga Ngantuk

Kapolres Gorontalo Kota juga menerangkan, setelah menunggu beberapa saat, akhirnya ada satu orang yang dicurigai ingin mengambil barang tersebut, dan Disaat itu juga Anggota langsung mengamankan orang yang dicurigai tersebut.

“Setelah dilakukan pengamanan kepada orang tersebut, ditemukan barang bukti berupa kardus yang berisi empat batu bata, yang terbungkus celana dan didalamnya terdapat barang yang diduga narkotika. Setelah digeledah secara keseluruhan, Petugas menemukan ada 2 bungkusan besar butiran kristal yang diduga sabu. Dimasing-masing bungkusan terdapat 12 dan 17 paket atau bungkus kecil sabu yang siap edar,” terang Kapolres Gorontalo Kota

Ditambahkannya dari total keseluruhan berdasarkan hasil penimbangan yang dilakukan BPOM Gorontalo, narkotika jenis sabu-sabu tersebut memiliki berat 13,6 gram.

BACA  Pemuda di Padebuolo Gantung Diri, Orang Tua Tolak Otopsi

Hasil interogasi, pelaku mengaku bahwa narkotika tersebut siap di edarkan pada saat perayaan pergantian tahun baru, dan Narkotika tersebut berasal dari Sulawesi Tengah.

Kapolres Gorontalo Kota juga mengungkapkan, bahwa dari hasil penyidikan, terduga pelaku yang menjemput barang tersebut berinisial RM dan merupakan ASN di dilingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Orang yang menjemput narkotika tersebut kita belum tetapkan sebagai tersangka, karena narkotika tersebut masih di dalami,”ungkap AKBP Desmont Harjendro S.I.K MT.

Jika terbukti bersalah, oknum ASN itu akan dijerat Pasal 114 Ayat (2), Sub Pasal 112 Ayat (2), Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun, dan paling lama 20 tahun serta pidana denda maksimum.(zul/hg)


Komentar