Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Miris! Saluran Air Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 15 September 2016 | 12:01 PM Tag:
  

Hargo.co.id MARISA – Saluran air yang berada di Dusun Kramat Desa Marisa Selatan Kecamatan Marisa sangat memprihatinkan. Pasalnya kondisinya terlihat jorok dengan berbagai jenis sampah yang berserakan di badan saluran pada Rabu (14/9) kemarin.

Pantauan Gorontalo Post sekitar pukul 15.00 wita saluran air yang berada di pusat Kota itu dikotori dengan sampah, rupanya saluran tersebut tidak dibersihkan. Bukan saja itu bahkan jembatan – jembatan penghubung ke rumah – rumah penduduk terlihat semraut, padahal Pohuwato sudah beberapa kali mendapatkan adipura secara berturut – turut.

“Kami juga sering membersihkan saluran ini diwaktu – waktu tertentu seperti ada iven – iven besar yang dilaksakan maupun dalam penerimaan penghargaan adipura. Semua Cleaning Servive (CS) yang ada di BLH diarahkan ke saluran untuk membersihkan sampah – sampah yang ada di saluran.

Seharunya masyarakat yang tinggal dipinggir saluran semestinya sadar kebersihan agar tidak membuang sampah ke dalam saluran, dengan begitu saluran ini tidak kelihatan kotor,” ungkap salah seorang CS saat berbincang – bincang dengan Gorontalo Post kemarin.

Lanjut katanya bahwa setiap CS sudah memiliki tugas masing – masing dalam membersihkan bahu jalan yang ada di pusat Kota Marisa.
“Jika mendapatkan perintah membersihkan saluran tentu kami siap pak,” jelasnya.

Sementara menurut Very salah seorang warga jika kondisi saluran yang kotor harus rutin dibersihkan oleh petugas kebersihan, sebab saluran ini berada di pusat Kota Marisa.
“Sangat tidak elok ketika saluran air menjadi tumpukan sampah, perlu ada sosialisasi maupun papan informasi kepada warga agar tidak membuang sampah secara sembarang. Kalau ini dilakukan tentu dapat meminimalisir kondisi yang terjadi saat ini,” ujarnya. (Tr-30/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar