Selasa, 7 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mobil Listrik Mazda Siap Mengaspal, Keran Pemesanan Mulai Dibuka

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 23 Mei 2020 | 16:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi: Mobil listrik pertama Mazda, MX-30 (Mazda)


Hargo.co.id, HIROSHIMA – Mazda mulai memasuki era elektrifikasi. Merek tersebut siap meluncurkan mobil listrik pertamanya yakni MX-30. Bahkan, keran pemesanan pun sudah dibuka.

Dilansir dari Jawapos.com, Jumat (22/5), Mazda mengumumkan sudah memulai produksi Mazda MX-30 all Electric Vehicle (EV) di pabrik di Hiroshima, Jepang. EV murni pertama Mazda sebagai awalan menjawab permintaan kendaraan listrik di Eropa.

MX-30 baru menggunakan teknologi powertrain listrik e-Skyactiv1. Sistem penggerak roda depan menggabungkan motor listrik 107kW (143 tenaga kuda) dengan baterai lithium-ion 35.5kWh. Jangkauan mengemudi mencapai 200 kilometer (124 mil) pada siklus tes WLTP.

BACA  Jenderal Pramono Edhie Wibowo Meninggal Dunia

Mazda MX-30 mampu mengisi daya AC pada 6.6 kW. Ini mendukung pengisian DC hingga 50 kW dengan standar CHAdeMO atau CCS. Dengan menggendong baterai yang relatif kecil, pengisian cepat DC dari kosong hingga 80 persen membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Dalam siaran pers resmi, Mazda menonjolkan aspek desain MX-30. “Penampilannya yang sederhana tanpa kompromi menekankan kecantikan MX-30,” ujar Mazda.

Ilustrasi: Mobil listrik pertama Mazda, MX-30 (Mazda)
Ilustrasi: Mobil listrik pertama Mazda, MX-30 (Mazda)

Mazda MX-30 membawa desain pintu barn door atau pintu gudang yang mirip BMW i3 yakni pintu depan terbuka terlebih dahulu. Setengah pintu yang lebih kecil, yang tidak memiliki pegangan eksterior, kemudian terbuka untuk akses ke kursi belakang. Desain ini juga menjadi ciri khas Mazda pada sedan sport Mazda RX-8.

BACA  Zainudin Amali Sambut Kolaborasi FKPPI dengan Kemenpora

Sebelum diumumkan dan diproduksi secara massal, Mazda MX-30 tampil perdana pada gelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu. Akira Marumoto, kepala eksekutif Mazda, mengatakan bahwa setiap mobil Mazda yang dibuat pada 2030 akan menampilkan teknologi penggerak listrik e-SkyActive yang akan mengurangi emisi CO2 secara signifikan.

BACA  Terapkan Physical Distancing di Pasar, Ini yang Dilakukan Pemkot Surabaya

Mazda baru-baru ini mengungkapkan sedang mengerjakan versi range-extender dari MX-30, yang akan memasangkan mesin rotari khasnya dengan motor listrik untuk meningkatkan jangkauan mengemudi. Sementara Mazda MX-30 akan tiba di diler Eropa pada musim gugur 2020 mendatang dengan harga sekitar USD 35 ribu atau berkisar Rp 514 jutaan.(ep/ra/jawapos/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh Jawapos.com dengan judul yang sama. Pada edisi Jumat, 22 Mei 2020.

Komentar