Wednesday, 28 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mobil PCR Dikes Kabupaten Gorontalo Mulai Dioperasikan

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Tuesday, 6 July 2021 | 02:13 AM Tags:
  Mobil PCR milik Dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo yang kini mulai dioperasikan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) milik Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Gorontalo mulai dioperasikan, Senin (05/07/2021). Kehadiran Mobil PCR ini bertujuan untuk mempercepat proses screening Covid-19 di wilayah tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir mengatakan, kehadiran mobil PCR ini dapat menghemat waktu karena proses screening dapat langsung dilakukan di tempat tanpa perlu diantarkan lagi ke Balai POM. 

“Biasanya pemeriksaan sampel covid-19 ini selalu dilakukan di Balai POM dan harus memakan waktu yang lama. Dengan Mobil PCR ini, proses pemeriksaan hanya perlu waktu kurang lebih 45 menit.” kata Roni Sampir. 

Mobil PCR ini diharapkan dapat menekan angka penularan Covid 19 di kabupaten Gorontalo karena penyebaran covid 19 dapat dideteksi lebih dini. Jika hasil pemeriksaan didapati ada yang positif, lanjut Roni, maka pihaknya akan segera melakukan isolasi kepada orang yang terindikasi positif tersebut.

Selain itu, Mobil PCR ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas juga bisa digunakan untuk mempercepat proses vaksinasi di wilayah yang sulit dijangkau sehingga akan mempermudah proses skrining dan vaksinasi di Kabupaten Gorontalo.

“Di Dalam mobil ini juga ada tempat untuk menyimpan vaksin, sehingga ini bisa dipakai untuk pelaksanaan vaksinasi di tempat-tempat terpencil. sehingganya kehadiran mobil PCR ini sangat membantu dalam penanganan covid 19 di Kabupaten Gorontalo,” kunci Roni Sampir.(hiu/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar