MOMB di UNG Bebas Pungli, WR III: Laporkan Jika Ada

Sebanyak 4.000 Mahasiswa UNG mengikuti MOMB yang digelar selama tiga hari. (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Seperti biasa, dalam penerimaan mahasiswa baru, kampus selalu diidentikkan dengan kata Pungutan Liar (Pungli). Pasalnya, banyaknya atribut yang harus dibeli oleh mahasiswa baru sehingga menimbulkan kesan ada Pungli.

Guna menepis semua itu, pada 2019 ini, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMB) secara gratis. Artinya tidak ada pembayaran apapun dalam pelaksanaan MOMB ini.

Penegasan ini disampaikan oleh Wakil Rektor (WR) III UNG, Udin Hamim menyampaikan bahwa, ini sudah berdasarkan surat edaran dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bahwa pelaksanaan MOMB harus didanai oleh dana kemahasiswaan. Ini juga sudah berdasarkan keputusan dari senat mahasiswa UNG.

“Setelah ada edaran, kita bahas dalam rapat senat universitas, dan seluruh anggota senat juga menyepakati bahwa tidak ada lagi pungutan kepada mahasiswa baru, sehingga itu selaku WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, saya sudah menyampaikan tidak ada lagi pungutan apapun dalam mahasiswa baru,” ungkapnya.

Udin menyampaikan bahwa, jika ada kedapatan pungutan, maka tentunya itu merupakan pungutan liar, dan kalau ada yang menemukan silahkan melaporkan ke panitia maupun ke pihak rektorat.

“Tak ada lagi yang pungut-pungut ke mahasiswa baru. Beda dengan jika mahasiswa punya kreativitas seperti menjual hasil kreativitas mereka atau wirausaha mereka, maka itu dipersilahkan tapi jangan sampai memaksa. Sekali lagi, laporkan jika ada pungli,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana MOMB, Hartono Hadjarati menyampaikan pelaksanaan MOMB dilaksanakan selama tiga hari, mulai Rabu (14/08/2019) hingga Jumat (16/08/2019).

“Untuk hari pertama ini dilaksanakan di tingkat universitas, selanjutkan akan dilaksanakan di tingkat fakultas dan jurusan. Pelaksanaanya memang kita tidak meminta biaya dari mahasiswa, artinya pelaksanaanya gratis,” pungkasnya. (wan/hg)

-